TEKNOLOGI INFORMASI DAN PERUBAHAN SOSIAL KEAGAMAAN (STUDI DI KAMPUNG CYBER RT. 36 RW. 09 TAMAN PATEHAN KRATON YOGYAKARTA)

JAMILAH , NIM. 10540071 (2014) TEKNOLOGI INFORMASI DAN PERUBAHAN SOSIAL KEAGAMAAN (STUDI DI KAMPUNG CYBER RT. 36 RW. 09 TAMAN PATEHAN KRATON YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text ( TEKNOLOGI INFORMASI DAN PERUBAHAN SOSIAL KEAGAMAAN (STUDI DI KAMPUNG CYBER RT. 36 RW. 09 TAMAN PATEHAN KRATON YOGYAKARTA) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( TEKNOLOGI INFORMASI DAN PERUBAHAN SOSIAL KEAGAMAAN (STUDI DI KAMPUNG CYBER RT. 36 RW. 09 TAMAN PATEHAN KRATON YOGYAKARTA) )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perubahan sosial keagamaan yang dipengaruhi oleh hadirnya jaringan teknologi informasi di Kampung Cyber RT. 36. Kampung Cyber dahulunya dikenal dengan potensi batiknya. Dengan adanya wacana pemerintah Kota Yogyakarta tentang Jogja Cyber Province (JCP) pada tahun 2005, pengurus Kampung Cyber berencana untuk berpartisipasi merealisasikan wacana tersebut. Setelah melalui berbagai proses akhirnya berdirilah Kampung Cyber pada tahun 2009. Fenomena Kampung Cyber tersebut unik, karena masyarakat Kampung Cyber yang tingkat pendidikannya relatif kurang tinggi tetapi memiliki kesadaran teknologi yang tinggi. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis data interaktif dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan.Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori perubahan sosial milik William F. Ogburn yang mengkhususkan kajiannya terhadap perubahan sosial di bidang teknologi, serta teori perubahan sosial milik yang dirumuskan oleh Nanang Martono. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya terdapat beberapa proses menuju perubahan sosial di Kampung Cyber. Proses perubahan sosial tersebut mencakup proses penemuan, penciptaan, difusi, akumulasi dan adaptasi yang terjadi secara bertahap di Kampung Cyber. Bentuk perubahan sosial keagamaan secara makro ditandai dengan berubahnya peran tokoh agama di Kampung Cyber. Tokoh agama di Kampung Cyber ak tidak lagi menempati hirarki pertama dalam sistem struktur sosial. Peran tersebut digantikan oleh para pengurus yang memiliki potensi sebagai agent of change. Bentuk perubahan secara mikro terjadi dengan jelas dibuktikan dengan berubahnya interaksi sosial dan pola perilaku keagamaan masyarakat RT. 36 setelah menjadi Kampung Cyber.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Moh. Soehada, S.sos M. Hum. dan Dr. Nurus Sa’adah, MA.
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Sep 2014 09:03
Last Modified: 21 May 2015 14:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13912

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum