GAGASAN ISLAM LIBERAL DI INDONESIA PERSPEKTIF FILSAFAT ANALITIK LUDWIG WITTGENSTEIN

GATOT HADI GUNARSO, NIM. 10510041 (2014) GAGASAN ISLAM LIBERAL DI INDONESIA PERSPEKTIF FILSAFAT ANALITIK LUDWIG WITTGENSTEIN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (GAGASAN ISLAM LIBERAL DI INDONESIA PERSPEKTIF FILSAFAT ANALITIK LUDWIG WITTGENSTEIN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (GAGASAN ISLAM LIBERAL DI INDONESIA PERSPEKTIF FILSAFAT ANALITIK LUDWIG WITTGENSTEIN)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB)

Abstract

Islam adalah agama yang tidak terlepas dari ajaran dari teks al-Qur’an dan Hadits namun untuk memahami ajaran, perlu adanya pendekatan dalam memahami Islam. Mengenai interpretasi dalam memahami ajaran Islam terjadi terpecah belah dalam menerapkan ajaran karena berbeda dalam menggunakan pendekatan. Oleh sebab itu, akibat dari berbeda pendekatan muncul gagasan Islam liberal, terutama sekulerisasi yang digagas oleh Nurcholis Madjid yang memberikan sikap liberalnya pada tahap pemikiran dalam penerapan pemisahan antara agama dan negara. olwh sebab itu, penulis mencobs untuk memahami gagasan Nurcholis dalam perspektif filsafat analitik terutana Ludwig Wittgenstein. Seorang filosof Ludwig Wittgenstein muncul memberikan sebuah analisis dalam memahami karya-karya filsafat pada abad sebelumnya yang dianggapnya berkutat dalam pemikiran yang tidak bisa diterapkan, karena adanya kelemahan bahasa logika dan penggunaan bahasa yang tidak sesuai dengan aturan pada konteks. Begitupun pada gagasan Islam liberal sekulerisasi untuk diterpkan terutama di Indonesia, oleh sebab itu penulis menggunakan pemikrian Wittgenstein untuk membongkar gagasan Islam liberal di Indonesia. Walaupun Wittgenstein tidak pernah membahas tentang kajian keislaman, akan tetapi metode analisis yang digunakan yakni filsafat bahasa bisa dijadikan untuk mengetahui bagaimana gagasan Islam liberal di Indonesia yang belum bisa diterapkan. Penelitian ini, bertujuan mengeksplorasi metode filsafat bahasa Ludwig Wittgenstein, dan memahami sebuah pemikirannya tentang gagasan Islam liberal di Indonesia yang sumber ajaran Islam, yaitu al-Qur’an dan Hadits. Metode tersebut dikaji melalui dua pendekatan, yaitu Metode deskriptif-analisis namun tidak terlepas juga menggunakan metode heuristik untuk mengetahui historis kerangka intelektual pemikiran filsafat bahasa mengenai language games dan meaning is use Ludwig Wittgenstein. Hasil dari pendekatan tersebut telah mengindikasikan bahwa gagasan Islam liberal di Indonesia terutama mengenai ide sekulerisasi Nurcholis Madjid yang berusaha untuk menerapkan pada konteks sekarang di Indonesia yang memiliki aturan sendiri dalam memahami keislaman dan untuk merealisasikan harus mematuhi aturan-aturan ajaran Islam di Indonesia yang penafsirannya menggunakan penafsiran tekstual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Alim Roswantoro
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Ludwig Wittgenstein, Gagasan Islam Liberal di Indonesia, Umat Muslim di Indonesia, Penerapan.
Subjects: Filsafat Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Filsafat Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Sep 2014 08:59
Last Modified: 06 May 2015 14:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13918

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum