PENGGUNAAN ALAT PERAGA ALAMIAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS IV MI MIFTAHUL ULUM PRINGAPUS, SAMBUNGREJO, KECAMATAN GRABAG, KABUPATEN MAGELANG, TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ANIK WIDAYATI, NIM. 12485119 (2014) PENGGUNAAN ALAT PERAGA ALAMIAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS IV MI MIFTAHUL ULUM PRINGAPUS, SAMBUNGREJO, KECAMATAN GRABAG, KABUPATEN MAGELANG, TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text ( PENGGUNAAN ALAT PERAGA ALAMIAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS IV MI MIFTAHUL ULUM PRINGAPUS, SAMBUNGREJO, KECAMATAN GRABAG, KABUPATEN MAGELANG, TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (571kB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN ALAT PERAGA ALAMIAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS IV MI MIFTAHUL ULUM PRINGAPUS, SAMBUNGREJO, KECAMATAN GRABAG, KABUPATEN MAGELANG, TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)

Abstract

Anik Widayati, “Penggunaan Alat Peraga Alamiah Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV MI Miftahul Ulum Pringapus, Sambungrejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Pelaksanaan pembelajaran IPA sangat memerlukan adanya pemanfaatan alam sekitar di lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Dalam hal ini merupakan dasar menanamkan rasa cinta terhadap alam sekitar. Keterlibatan siswa secara langsung dengan alam pada saat proses belajar mengejar akan memberikan pengalaman dan hasil belajar yang lebih optimal. Karena pembelajaran IPA dengan memanfaatkan alam sekitar sangat penting dalam menunjang proses perkembangan anak didik secara utuh karena dapat melibatkan segenap aspek psikologis anak yang meliputi kognitif, afektif, dan psikomotorik anak. Melalui pembelajaran ini anak didik tidak hanya memperoleh pengetahuan, tetapi juga dapat memperoleh kemampuan untuk menggali sendiri pengetahuan itu dari alam sekitarnya atau lingkungannya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan alat peraga alamiah dapat meningkatkan prestasi siswa pada pembelajaran IPA kelas IV MI Miftahul Ulum Pringapus Sambungrejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi siswa dengan menggunakan alat peraga alamiah bagi siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Pringapus Sambungrejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Dengan dilakukan penelitian tindakan kelas ini, diharapkan dapat bermanfaat bagi berbagai pihak yang terkait dengan kegiatan pembelajaran khususnya pelajaran IPA, antara lain: (1) Guru, (2) Siswa, (3) Sekolah, dan (4) Masyarakat dunia pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di MI Miftahul Ulum Pringapus Sambungrejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Tahun Pelajaran 2013/2014. Subjek yang akan dikenai tindakan adalah siswa kelas IV. Instrumen penelitian yang digunakan adalah metode pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata siklus I sebesar 65,00, pada siklus II sebesar 75,83. Sedangkan persentase ketuntasan pada siklus I = 58,33%, siklus II = 100%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga alamiah dapat meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Qowim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran IPA MI, Alat Peraga Alamiah, Prestasi Belajar Siswa.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Sep 2014 14:24
Last Modified: 14 Feb 2017 15:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13984

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum