UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SHALAT MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELOMPOK A2 TK ABA SIDOMULYO II BAMBANGLIPURO BANTUL

AMIN DARIYAH, NIM. 12415340 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SHALAT MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELOMPOK A2 TK ABA SIDOMULYO II BAMBANGLIPURO BANTUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SHALAT MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELOMPOK A2 TK ABA SIDOMULYO II BAMBANGLIPURO BANTUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SHALAT MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELOMPOK A2 TK ABA SIDOMULYO II BAMBANGLIPURO BANTUL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Amin Dariyah. Upaya Meningkatkan Kemampuan Shalat Melalui Media Audio Visual Pada Kelompok A2 TK ABA Sidomulyo II Bambanglipuro Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan KalijagaYogyakarta, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan siswa pada kelompok A2 dalam pembelajaran shalat. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan shalat siswa. Media pembelajaran yang dipergunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa tersebut adalah media audio visual. Manfaat dari menggunakan media audio visual antara lain untuk menumbuhkan minat, semangat, motivasi dam memudahkan siswa dalam pembelajara shalat. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan shalat pada kelompok A2 di TK ABA Sidomulyo II Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar TK ABA Sidomulyo II Bambanglipuro Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi (pengamatan), wawancara, tes dan dokumentasi. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan shalat pada kelompok A2 di TK ABA Sidomulyo II dilaksanakan dalam dua siklus. Pembelajaran shalat dilaksanakan dengan cara : media audio visual diputar, para siswa memperhatikan tayangan vidio shalat kemudian siswa menirukan secara bertahap dari gerakan satu ke gerakan yang lain. Secara keseluruhan pelaksanaan tindakan berjalan dengan lancar, sesuai dengan rencana yang telah disusun dan dilakukan refleksi di setiap siklusnya. 2) Hasil dari penerapan media audio visual pada kelompok A di TK ABA Sidomulyo II dalam pembelajan shalat mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan kemampuan shalat terlihat dari hasil postes, pada siklus I kemampuan peserta didik menjadi 52,4% , dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 76,1% . Dengan demikian media audio visual dapat meningkatkan kemampuan shalat siswa kelompok A2 TK ABA Sidomulyo II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Rajasa Mu’tasim, M. Si.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Sep 2014 08:59
Last Modified: 02 Aug 2017 11:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14022

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum