UPAYA MENINGKATKAN MINAT PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN METODE BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME DIPADU DENGAN MEDIA PERAGA AUDIO VISUAL PADA KELOMPOK B DI RA JOGJA CITRA POTORONO BANGUNTAPAN BANTUL

UMI ROHIMAH , NIM. 12415325 (2014) UPAYA MENINGKATKAN MINAT PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN METODE BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME DIPADU DENGAN MEDIA PERAGA AUDIO VISUAL PADA KELOMPOK B DI RA JOGJA CITRA POTORONO BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MINAT PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN METODE BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME DIPADU DENGAN MEDIA PERAGA AUDIO VISUAL PADA KELOMPOK B DI RA JOGJA CITRA POTORONO BANGUNTAPAN BANTUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MINAT PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN METODE BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME DIPADU DENGAN MEDIA PERAGA AUDIO VISUAL PADA KELOMPOK B DI RA JOGJA CITRA POTORONO BANGUNTAPAN BANTUL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)

Abstract

UMI ROHIMAH. Meningkatkan Minat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan Metode Beyond Center and Circle Time (BCCT) dipadu dengan media peraga audio visual pada kelompok B di RA Jogja citra Potorono banguntapan Bantul. Dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak usiadini sangatlah penting untuk diperkenalkan sebelum anak berusia 7 tahun. Dan untuk meningkatkan minat pada pembelajaran pendidikan agamaIslam perlunya pembaharuan dalam peningkatan kreatifitas guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI). Metode yang dipakai guru dalam Pembelajaran yang dilaksanakan di RA Jogja Citra masih menggunakan metode konvensional, sehingga minat anak terhadap pendidikann agam Islam masih sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat terhadap pembelajaran pendidikan agamaIslam. Metode BCCT yang dipadu dengan menggunakan media audio visual, diharapkan dapat mampu meningkatkan rasa senang, keingintahuan serta perhatian peserta didik. Penelitian ini bersifat kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 3 minggu yang meliputi dua siklus, yang masingmasing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi minat peserta didik yang diambil dari hasil pengisian angket yang diberikan setiap akhir siklus, dan dari hasil observasi pada pesertadidik yang dilakukan oleh observer, serta hasil wawancara yang di lakukan dengan siswa dan guru. Subyek penelitian yang menerima tindakan adalah seluruh peserta didik kelas B dengan jumlah 30 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode BCCT yang dipadu dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan minat peserta didik terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam di RA Jogja Citra. Sebelum penelitian dilaksanakan minat pada pembelajaran pendidikan agama Islam hanya mencapai 53,95%, kategori rendah. Tetapi setelah penelitian yang dilakukan dalam dua siklus secara keseluruhan terjadi perubahan minat belajar dan mengalami peningkatan yaitu pada siklus satu minat belajar mencapai 70,75%, kategori sedang, dan meningkat lagi pada siklus kedua yaitu menjadi 91,15%,kategori tinggi. Kata kunci : Minat, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Metode BCCT, Media Audio Visual

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Andi Prastowo, S.Pd.I, M.Pd.I
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Oct 2014 09:30
Last Modified: 28 Feb 2017 11:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14036

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum