UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE CARD SORT PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI SISWA KELAS 1 MIN WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013-2014

UMI SURYANI , NIM. 13485263 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE CARD SORT PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI SISWA KELAS 1 MIN WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013-2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE CARD SORT PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI SISWA KELAS 1 MIN WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013-2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE CARD SORT PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI SISWA KELAS 1 MIN WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013-2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)

Abstract

Penelitian dengan judul Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Metode Card Sort Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Bagi Siswa Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Negeri Wonosari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta Tahun Ajaran 2013-2014. Salah satu standar kompetensi mata pelajaran bahasa Indonesia bagi kelas I Madrasah Ibtidaiyah adalah membaca. Bagi sebagian siswa membaca adalah suatu hal yang dianggap membosankan sehingga mengurangi semangat siswa dalam belajar. Oleh karena itu, harus ada solusi yang tepat mengatasi minat baca secara efektif dan efisien. Permasalahan ini terjadi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Wonosari Kabupaten Gunungkidul. Para siswa masih kurang antusias dalam minat membaca yang disebabkan antara lain karena kurangnya kemampuan siswa dalam membaca, siswa masih cepat merasa bosan untuk belajar membaca, ketika pelajaran sedang berlangsung, siswa tidak konsentrasi, adanya kesenjangan yang mencolok antar siswa tentang kemampuan membaca, dan proses belajar mengajar yang kurang kondusif. Dalam latar belakang tersebut dapat dirumuskan yaitu Bagaimana proses, penerapan dan hasil yang dicapai dari upaya guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Wonosari Kabupaten Gunungkidul sebelum dan setelah menggunakan metode card sort. Adapun tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca, penerapan metode cart sort dan hasil yang dicapai guru dalam upaya meningkatkan siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Negeri Wonosari Kabupaten Gunungkidul dalam pembelajaran bahasa Indonesia sebelum dan sesudah menggunakan metode card sort, sedangkan kegunaan dari penulisan ini adalah sebagai uji coba pembelajaran, menumbuhkan kreatifitas dan sebagai alternatif pembelajaran Bahasa Indonesia yang variatif dengan metode card sort sehingga suasana kelas lebih menarik. Data penelitian tindakan kelas (classroom action research) ini dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan kuantitatif yaitu dengan cara merefleksi hasil observasi terhadap pembelajaran yang dilaksanakan guru dan siswa di kelas. Penerapan metode card sort untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Negeri Wonosari Kabupaten Gunungkidul dilakukan dengan 2 (dua) siklus, yang masingmasing siklus terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan (planning), aksi atau tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil dari penelitian ini adalah persentase ketuntasan pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Negeri Wonosari Kabupaten Gunungkidul sebelum menggunakan metode card sort adalah 14,29% dan masih dikategorikan rendah. Namun setelah menggunakan metode card sort terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Terbukti pada siklus I, persentase ketuntasan klasikalnya 47,62% atau dikategorikan sedang dan pada siklus II persentase ketuntasan klasikalnya adalah 85,7% atau dikategorikan tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. M. Jamroh Latief, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kemampuan membaca, metode card sort, Bahasa Indonesia
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Oct 2014 09:33
Last Modified: 28 Feb 2017 11:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14037

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum