UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH NOGOSARI GIRIMULYO KULON PROGO YOGYAKARTA

SLAMET SULBANI , NIM. 04358431 (2014) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH NOGOSARI GIRIMULYO KULON PROGO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH NOGOSARI GIRIMULYO KULON PROGO YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH NOGOSARI GIRIMULYO KULON PROGO YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Slamet Sulbani. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA dengan Pendekatan Discovery Learning pada Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Nogosari Girimulyo Kulon Progo. Skripsi. Yogyakarta: Program S1 Kedua Bagi Guru Kelas Non PGMI Melalui Dual Mode System LPTK Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah persoalan yang dihadapi peserta didik dalam belajar Ilmu Pengetahuan Alam adalah kurangnya minat, ratarata prestasi belajar siswa dibawah KKM, dan merasa Ilmu Pengetahuan Alam merupakan mata pelajaran yang sulit, lebih banyak meghafal dalil dan fakta, sehingga menuntut guru untuk dapat menyajikan materi. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran IPA dengan pendekatan discovery learning siswa kelas IV MI Muhammadiyah Nogosari, dan 2) untuk mengetahui peningkatan presatsi dari pelaksanaan pembelajaran IPA dengan pendekatan discovery learning pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Nogosari. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV, dan guru kelas IV. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan portofolio. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang tersedia dengan langkah-langkah: mereduksi data, melaksanakan dan menafsirkan data menjadi kesimpulan yang bermakna. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Terdiri tiga siklus tindakan, dengan masing-masing siklus tersiri dari perencanaan, kegiatan tindakan dan observasi, refleksi. Instrumen yang digunakan antara lain; lembar wawancara respon guru, soal pre tes dan post tes. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Proses pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan Discovery Learning di MI Muhammadiyah Nogosari pada materi perubahan penampakan pada bumi dan benda langit dilaksanakan dengan menggunakan penalaran, menyusun bukti, menjelaskan, memecahkan masalah, dan mengkomunikasikan gagasan sesuai materi, 2) Kegiatan belajar mengajar menggunakan pendekatan dicovery learning dapat meningkatkan prestasi siswa kelas IV MI Muhammadiyah Nogosari dengan peningkatan nilai rata-rata sebanyak 20,00, nilai tersebut didapat dari nilai rata-rata sebelum pembelajaran discovery learning 58,57. dan nilai rata-rata sesudah pembelajaran discovery learning 78,57 Dengan demikian pendekatan discovery learning dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar di MI Muhammadiayah Nogosari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Luluk Mauluah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Prestasi Belajar IPA, Discovery Learning, dan MI Muhammadiyah Nogosari.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Oct 2014 08:30
Last Modified: 01 Mar 2017 10:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14046

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum