UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN METODE AKS (ACTIVE KNOWLEDGE SHARING )PADA SISWA KELAS V MI YAKTI BANYUURIP TEGALREJO MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

TAFRIHAN , NIM. 12485222 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN METODE AKS (ACTIVE KNOWLEDGE SHARING )PADA SISWA KELAS V MI YAKTI BANYUURIP TEGALREJO MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN METODE AKS (ACTIVE KNOWLEDGE SHARING )PADA SISWA KELAS V MI YAKTI BANYUURIP TEGALREJO MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (859kB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN METODE AKS (ACTIVE KNOWLEDGE SHARING )PADA SISWA KELAS V MI YAKTI BANYUURIP TEGALREJO MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)

Abstract

Tafrihan,“Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa dengan Metode pembelajaran AKS ( Active Knowledge Saharing ) Pada Siswa Kelas V MI Yakti Banyuurip Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Dalam pembelajaran matematika, siswa harus dilibatkan secara mental,fisik, dan sosial untuk membuktikan kebenaran teori dan hukum matematika yang telah dipelajari.Jikahaltersebuttidaktercakupdalam proses pembelajaran dapat berpengaruh terhadap penguasaan konsep matematika dan akan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Di MI Yakti Banyuurip dalam proses pembelajaran belum melibatkan siswa dan guru masih menjadi pusat kegiatan belajar dikelas sehingga berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu di lakukan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif, berani mengemukakan pendapat, dan mencoba salah satunya adalah metode AKS (Active Knowledge Sharing ). Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana prestasi belajar siswa sebelum diterapkan metode pembelajaran AKS (Active Knowledge Sharing ),(2) bagaimana penerapan metode AKS (Active Knowledge Sharing ) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelasV MI Yakti Banyuurip pada pelajaran metematika,(3) bagimana peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas V MI Yakti Banyuurip dengan menggunakan metode pembelajaran AKS (Active Knowledge Sharing ). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus,yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi aktifitas siswa dan guru selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar obsevasi, prestasi belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: (1) adanya peningkatan prestasi belajar siswa yaitu meningkatnya prestasi siswa diatas KKM 65 yang mencapai 75 % siswa dari jumlah siswa kelas V MI Yakti Banyuurip. Hasil pengamatan pembelajaran dengan metode AKS dilaksanakandengan lima tahapan yaitu mengajukan permasalahan, menjawab pertanyaan, diskusi kelompok, membandingkan setiap jawaban, pemberian kesimpulan. Hasil penelitian pada pra tindakan skor aktifitas siswa sebesar 2,10, padasiklus 1 skor aktifitas siswa menunjukkan 3,09 dan pada siklus 2 skor aktifitas siswa 3,80 Pada penelitian ini diperoleh hasil pada siklis I yaitu ketuntasan belajar mencapai 54,5 % dan siswa yang belum tuntas 45,5 %, keaktifan siswa 3,80 dan nilai rata-rata 64,5 sedangkan hasil pada siklus 2 yaitu kentuntasan belajar mencapai 81,9 % dan siswa yang belum tuntas 18,1 %,keaktifan siswa 3,80 dan nilai rata-rata 82. Hasil observasi menunjukan adanya peningkatan peningkatan minat dan prestasi siswa dalam pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs.Ichsan,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci :PembelajaranMatematika MI,MetodeAKS,Prestasi.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Oct 2014 08:54
Last Modified: 28 Feb 2017 14:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14050

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum