PENERAPAN METODE BCM (BERMAIN, CERITA, MENYANYI) DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELOMPOK A TK MASYITHOH GREGES SEMESTER II TAHUN AJARAN 2013/2014

TRI ROMAWATI , NIM. 12415344 (2014) PENERAPAN METODE BCM (BERMAIN, CERITA, MENYANYI) DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELOMPOK A TK MASYITHOH GREGES SEMESTER II TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE BCM (BERMAIN, CERITA, MENYANYI) DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELOMPOK A TK MASYITHOH GREGES SEMESTER II TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE BCM (BERMAIN, CERITA, MENYANYI) DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELOMPOK A TK MASYITHOH GREGES SEMESTER II TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penerapan Metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) dalam Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelompok A TK Masyithoh Greges Semester II Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan KalijagaYogyakarta, 2014. Dalam pembelajaran PAI di Taman Kanak-kanak, siswa harus dilibatkan secara aktif sebagaimana telah dipaparkan dalam teori yang ada. Jika hal tersebut tidak tercakup dalam proses pembelajaran dapat berpengaruh terhadap penguasaan konsep dan hasil belajar PAI. Di TK Masyithoh Greges dalam pembelajaran PAI belum melibatkan peran serta siswa dan pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga keaktifan siswa masih kurang. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) dalam pembelajaran PAI dan meningkatkan keaktifan siswa kelompok A TK Masyithoh Greges setelah metode tersebut diterapkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar TK Masyithoh Greges, Donotirto, Kretek , Bantul. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa aktivitas guru dan siswa yang diambil dari lembar observasi, hasil wawancara dengan siswa dan guru, catatan lapangan untuk mencatat kejadian selama proses pembelajaran, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan keaktifan siswa kelompok A TK Masyihoh Greges dilaksanakan dengan tahapan bermain yang dimaksudkan untuk membiasakan siswa berkonsentrasi melaksanakan instruksi guru dalam memasuki materi dengan suasana yang meyenangkan dan menyampaikan materi pokok melalui tahapan cerita agar siswa lebih fokus dalam memperhatikan materi, lebih antusias dalam menjawab pertanyaan, lebih bersemangat dalam menyelesaikan tugas dan berani mengajukan pertanyaan, serta tahapan menyanyi sebagai penguatan pamahaman terhadap materi sekaligus membuat suasana pembelajaran lebih menggembirakan. Secara keseluruhan pelaksanaan tindakan berjalan dengan lancar, sesuai dengan rencana yang telah disusun dan dilakukan refleksi di setiap siklusnya. 2) Keaktifan siswa kelompok A TK Masyithoh Greges dalam pembelajaran PAI dengan penerapan metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) meningkat secara signifikan. Keaktifan siswa hasil observasi pra tindakan secara rata-rata sebesar 39,82% berada pada kualifikasi kurang, pada psiklus I mengalami peningkatan menjadi 58,94% berada pada kualifikasi cuku, dan pada siklus II meningkat menjadi 70,35% yang berarti berada pada kualifikasi baik. Dengan demikian penerapan metode BCM dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan keaktifan siswa kelompok A TK Masyithoh Greges Semester II Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Radjasa Mu’tasim, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Metode BCM, Pembelajaran PAI,
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 02 Oct 2014 09:34
Last Modified: 28 Feb 2017 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14052

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum