PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V PADA MI MAARIF MANTINGAN SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

TRI HARYANTO , NIM. 12485227 (2014) PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V PADA MI MAARIF MANTINGAN SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V PADA MI MAARIF MANTINGAN SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V PADA MI MAARIF MANTINGAN SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB)

Abstract

Tri Haryanto. “Penggunaan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V Pada MI Maarif Mantingan Salam Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014”.Skripsi.Yogyakarta:Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga 2014. Kata kunci:Pembelajaran PKn,partisipasisiswa,metodebermain Peran. Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah bahawa dalam pembelajaran PKn pada kelas V di MI Maarif Mantingan, Salam, Magelang nilai hasil belajar rendah karena beberapa indikator yaitu siswa kurang aktif,siswa bosan dan jenuh dalam pembelajaran.Untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas V peneliti menggunakan metode bermain peran. Dalam penelitian ini menggunakan metode Uji keabsahan (Trianggulasi). Tujuan dari penelitian ini adalah penggunaan metode bermain peran untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V pada MI Maarif Mantingan, Salam, Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2013/2014 Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melalui tahap (1) perencanaan (2) tindakan (3) pengamatan dan (4) refleksi.Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 16 siswa, yang terdiri dari 7 laki-laki dan 9 perempuan. Tehnik penggumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan jurnal harian data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan deskriptis kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode bermain peran.Pada kegiatan pra siklus nilai rata-rata siswa adalah 62,75 dan ketuntasan belajar hanya 25%. Berdasarkan dari ni lai tersebut penulis melaksanakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Penggunaan metode Bermain Peran pada mata pelajaran PKn siswa kelas V pada MI Maarif Mantingan tahun 2013/2014. Dengan menggunakan tujuan, tahapan-tahap serta langkah-langkah metode bermain peran yang telah dilakukan dan dilaksanakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Berdasarkan hasil belajar PKn pada siklus I ada peningkatan nilai rata-rata dari 62,75 menjadi 69,00 pada siklus II meningkat menjadi 81,00. Hasil dari siklus II merupakan bukti peningkatan hasil belajar PKn kelas V. Hasil persentase dalam proses pembelajaran siklus I adalah 62,5 kemudian meningkat pada siklus II yaitu menjadi 100%. dengan demikian terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II.Berdasarkan dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V pada MI Maarif Mantingan, Salam, Magelang tahun pelajaran 2013/2014

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Munajat, M.Si.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Oct 2014 08:32
Last Modified: 28 Feb 2017 13:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14058

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum