PENGEMBANGAN GURU KREATIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN (Perspektif Pendidikan Islam)

MARNITA SARI - NIM. 03470589, (2008) PENGEMBANGAN GURU KREATIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN (Perspektif Pendidikan Islam). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dalam sebuah proses pendidikan, guru merupakan salah satu komponen yang sangat penting selain komponen lainnya, seperti kurikulum, metode, sarana dan prasarana, lingkungan, dan evaluasi. Guru harus kreatif menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan efektif bagi siswa. Dalam membantu anak didik untuk menjadi anak didik yang diinginkan dalam pendidikan Islam sebagaimana cita-cita orang tua. Disinilah tantangan guru dalam mengelola strategi agar kreatif guru tidak harus monoton dalam satu hal dan lebih-lebih guru harus membeli peralatan yang mahal tetapi yang dibutuhkan hanyalah menggunakan waktu, bakat dan kemampuan guru untuk diolah selanjutnya menjadi lebih bermanfaat dan produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep guru kreatif dalam pendidikan Islam dan upaya mengembangkan guru kreatif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian pustaka (library research) yang mengangkat tentang guru kreatif. Kajian pustaka ini mencoba menemukan konsep guru kreatif dalam pendidikan Islam dan upaya mengembangkan guru kreatif dalam proses pembelajaran. Disajikan dengan pendekatan normatif dan sosio-historeis dengan sifat penelitian deskriptif-analitik dengan metode pengumpulan data model dokumentasi, dengan analisis data berpikir induktif dan berpikir deduktif. Selanjutnya dalam memperoleh data yang diperlukan penulis menggunakan metode dokumentasi dengan mengumpulkan data-data berupa buku dan majalah yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas Hasil skripsi menunjukkan bahwa guru kreatif dalam pendidikan Islam adalah pendidik yang mendidik untuk mengupayakan perkembangan seluruh potensi anak didik, baik potensi psikomotorik, kognitif, maupun potensi afektif. Guru kreatif itu mempunyai strategi yang pengelompokannya terdapat dalam strategi quantum learning, salah satu contohnya adalah quantum teaching strategi ini terdapat dua kelompok antara konteks dan konten. Tiga kata kunci untuk menjadikan guru kreatif yaitu: mensugesti diri memiliki potensi untuk berkreatif, kebiasaan adalah kunci untuk menjadikan diri saya unggul, kegiatan membaca dan selalu berpikir membuat saya selalu bergerak dalam sebuah pikiran. Upaya pengembangan guru kreatif dalam proses pembelajaran dengan cara: peningkatan kualifikasi melalui jenjang pendidikan formal, peningkatan kompetensi melalui pendidikan dan pelatihan, peningkatan kompetensi melalui kegiatan yang dirancang oleh organisasi profesional dan belajar mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: b Pembimbing : /b Dra. Wiji Hidayati, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Guru kreatif, pembelajaran, pendidikan islam.
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1406

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum