UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIAKELAS II MI YAPPI NGRANCANG BLEBERAN PLAYEN GUNUNGKIDUL

ULLYA FALKARITA , NIM. 13485266 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIAKELAS II MI YAPPI NGRANCANG BLEBERAN PLAYEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIAKELAS II MI YAPPI NGRANCANG BLEBERAN PLAYEN GUNUNGKIDUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIAKELAS II MI YAPPI NGRANCANG BLEBERAN PLAYEN GUNUNGKIDUL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)

Abstract

Ullya Falkarita,”Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca melalui Metode Tutor Sebaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II MI YAPPI Ngrancang Bleberan Playen Gunungkidul”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi PGMI, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruaan UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta 2014. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa harus dilibatkan secara mental, fisik, sosial. Di MI YAPPI Ngrancang, proses pembelajaran belum melibatkan siswa secara penuh, dan guru masih menjadi pusat kegiatan belajar dikelas, akibatnya prestasi belajar siswa rendah. Untuk mengatasi masalah ini peneliti menggunakan model pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas II MI YAPPI Ngrancang tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 12 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa setelah guru menggunakan metode tutor sebaya. Ketuntasan belajar siswa sebelum menggunakan metode tutor sebaya hanya mencapai 42% namun setelah digunakan metode tutor sebaya ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 67% pada siklus I dan 92% pada siklus II. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MI YAPPI Ngrancang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Endang Sulistyowati, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hasil belajar, Membaca, Tutor Sebaya.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Oct 2014 08:42
Last Modified: 28 Feb 2017 11:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14060

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum