MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI GERAK BENDA MELALUI METODE DEMONSTRASI KELAS III SEMESTER II MI AL IHSAN MEDARI TAHUN AJARAN 2013-2014

SUTEJO HERI WIBOWO , NIM. 13485283 (2014) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI GERAK BENDA MELALUI METODE DEMONSTRASI KELAS III SEMESTER II MI AL IHSAN MEDARI TAHUN AJARAN 2013-2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI GERAK BENDA MELALUI METODE DEMONSTRASI KELAS III SEMESTER II MI AL IHSAN MEDARI TAHUN AJARAN 2013-2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI GERAK BENDA MELALUI METODE DEMONSTRASI KELAS III SEMESTER II MI AL IHSAN MEDARI TAHUN AJARAN 2013-2014 )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (931kB)

Abstract

Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Gerak Benda Melalui Metode Demonstrasi Siswa Kelas III Semester II MI AL Ihsan Medari Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Metode Demonstrasi adalah suatu metode yang digunakan dalam pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran dimana metode tersebut mengharapkan siswa lebih aktif dalam pembelajaran sehingga peran siswa lebih banyak daripada guru. Metode Demonstrasi, merupakan langkah yang cukup baik untuk mengembangkan kemampuan siswa berpikir Realistis /nyata dan mengembangkan kemampuan mereka untuk menyesuaikan dengan pengetahuan baru. Penelitian dalam skripsi ini dilakukan untuk mengkaji penerapan Metode Demonstrasi terhadap kemampuan siswa untuk mengetahui bagaimana ketuntasan hasil belajar siswa kelas III MI Al Ihsan Medari dengan Metode Demonstrasi, bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran di kelas III MI Al Ihsan Medari dengan menggunakan Metode Demonstrasi dan bagaimana kemampuan siswa dalam pembelajaran di kelas III MI Al Ihsan Medari dengan Metode Demonstrasi. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Kemudian data dianalisa menggunakan statistik sederhana, yaitu: penilaian tugas dan tes serta penilaian ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa penerapan Metode Demonstrasi di kelas III MI Al Ihsan Medari dalam proses pelaksanaannya dapat berjalan efektif dan efisien atau tergolong baik. Peningkatan kemampuan siswa di kelas III MI Al Ihsan Medari setelah menggunakan media Kantong Bilangan mengalami peningkatan dan mencapai hasil prestasi yang cukup memuaskan, hal ini berdasarkan pada hasil persentase dari siklus I dengan hasil persentase 25,9 % meningkat menjadi 92,5% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs.H.Sarjono,M.Si
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi dan Gerak Benda.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 06 Oct 2014 09:03
Last Modified: 01 Mar 2017 10:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14079

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum