MUSFIROH , NIM. 12485171 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG PERMULAAN DENGAN METODE BERMAIN JUNGKAT-JUNGKIT SAMBIL BELAJAR PADA KELOMPOK A1 RA MUSLIMAT NU BANDONGAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.
|
Text ( UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG PERMULAAN DENGAN METODE BERMAIN JUNGKAT-JUNGKIT SAMBIL BELAJAR PADA KELOMPOK A1 RA MUSLIMAT NU BANDONGAN TAHUN AJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text ( UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG PERMULAAN DENGAN METODE BERMAIN JUNGKAT-JUNGKIT SAMBIL BELAJAR PADA KELOMPOK A1 RA MUSLIMAT NU BANDONGAN TAHUN AJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf Restricted to Registered users only Download (767kB) |
Abstract
Musfiroh, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membilang Permulaan Dengan Metode Bermain Jungkat Jungkit Sambil Belajar Pada Kelompok A1 RA Muslimat NU Bandongan Tahun Ajaran 2013/2014”, Skripsi. Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan membilang permulaan 1 – 10 siswa kelompok A1 RA Muslimat NU Bandongan tahun ajaran 2013/2014 akibat kurang tepatnya penerapan metode dan media pembelajaran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimanakah penggunaan metode bermain jungkat-jungkit sambil belajar membilang permulaan (mengurutkan angka 1 – 10) pada kelompok A1 pada Ra Muslimat NU Bandongan tahun ajaran 2013/2014? Dan 2) Apakah dengan menerapkan permainan jungkat-jungkit sambil belajar dapat meningkatkan kemampuan membilang permulaan (mengurutkan angka 1 – 10) pada kelompok A1 RA Muslimat NU Bandongan tahun ajaran 2013/2014?. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu keadaan yang sengaja dimunculkan secara bersama-sama di dalam kelas untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran di kelas. Dari data pra tindakan, dari 20 subjek yang diteliti, hanya 3 (15 %) subjek saja yang telah mampu mencapai skor B, dan 6 subjek (30 %) dengan skor C, sedangkan skor K masih terdapat 11 subjek (55 %). Setelah tindakan siklus I dengan menerapkan bermain jungkat-jungkit, terjadi peningkatan dengan 4 subjek (25 %) telah mencapai skor B dan 9 subjek (45 %) dengan skor C. Sementara skor K turun menjadi 7 (35 %). Kemudian setelah dilanjutkan dengan tindakan siklus II, jumlah subjek dengan skor B terdapat 6 atau 30 % dan 12 subjek atau 60 % dengan skor C. Jumlah subjek dengan skor K pada siklus II menurun menjadi hanya tinggal 2 sajaj atau 10 %.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Kemampuan Membilang, Meningkatkan, Metode Jungkat-Jungkit |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1) |
Depositing User: | Miftahul Ulum [IT Staff] |
Date Deposited: | 06 Oct 2014 09:13 |
Last Modified: | 21 Feb 2017 10:19 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14083 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |