NUR HANDAYANI , NIM. 12485173 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI MEDIA GAMBAR DI KELOMPOK A SISWA BA AISYIYAH REJOSARI BANDONGAN TAHUN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.
|
Text ( UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI MEDIA GAMBAR DI KELOMPOK A SISWA BA AISYIYAH REJOSARI BANDONGAN TAHUN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text ( UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI MEDIA GAMBAR DI KELOMPOK A SISWA BA AISYIYAH REJOSARI BANDONGAN TAHUN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf Restricted to Registered users only Download (711kB) |
Abstract
Nur Handayani, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Gambar Di Kelompok A Siswa BA Aisyiyah Rejosari Bandongan Tahun 2013/2014”, Skripsi. Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2014. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran Taman Kanak-Kanak/Raudlatul Athfal pada umumnya masih bersifat monoton. Begitu pula pada materi mengenal huruf hijaiyah, penyampaian materi yang dilakukan oleh pendidik biasanya hanya dilaksanakan dengan metode ceramah atau bercakap-cakap saja sehingga dalam menerima materi/pengetahuan, minat anak sangat kurang. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan mengenal huruf hijaiyah siswa kelompok A BA Aisyiyah Rejosari Bandongan melalui media gambar. 2) Apakah media gambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah siswa kelompok A BA Aisyiyah Rejosari Bandongan tahun 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari data yang diperoleh dalam penelitian pra tindakan dengan subjek penelitian sebanyak 17 siswa, dengan 5 indikator untuk menilai kemampuan siswa mengenal huruf hijaiyah, rata-rata nilai B diraih oleh 3 siswa (17,65 %), nilai C diraih 5 siswa (29,41 %) dan masih ada 9 siswa (52,94 %) dengan nilai K. Hasil tindakan yang dilaksanakan pada siklus I terjadi peningkatan, dengan 4 siswa (23,53 %) meraih B, 7 siswa (41,18 %) meraih C dan masih terdapat 6 siswa (35,29 %) dengan nilai K. Setelah dilaksanakan tindakan siklus II, subyek dengan nilai K dapat ditekan menjadi 3 siswa (17,65 %) sementara nilai C diraih oleh 8 siswa (47,06 %) dan nilai B diraih 6 siswa (35,29 %)
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing : Dr. Imam Machali, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Huruf Hijaiyah, Media Gambar, Bustanul Athfal |
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1) |
Depositing User: | Miftahul Ulum [IT Staff] |
Date Deposited: | 06 Oct 2014 09:17 |
Last Modified: | 27 Feb 2017 10:24 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14085 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |