UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 2 MI MA’ARIF GIRILOYO 2 WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL MELALUI PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES

ANY ROKHMAWATI , NIM. 13485223 (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 2 MI MA’ARIF GIRILOYO 2 WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL MELALUI PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 2 MI MA’ARIF GIRILOYO 2 WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL MELALUI PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (601kB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 2 MI MA’ARIF GIRILOYO 2 WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL MELALUI PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)

Abstract

Any Rokhmawati, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 2 MI Ma’arif Giriloyo 2 Wukirsari Imogiri Bantul Melalui Pendekatan Ketrampilan Proses. Skripsi, Yogyakarta:FakultasIlmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Dalam pembelajaran IPA,siswa harus dilibatkan secara langsung, membuktikan kebenaran teori dan hukum IPA yang telah dipelajari. Di MIMa’arif Giriloyo2 dalam proses pembelajaran belum banyak melibatkan siswa dan guru masih menjadi pusat kegiatan belajar di kelas sehingga berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ketrampilan proses yang menuntut siswa untuk aktif, berani bertanya dan mencoba. Permasalahan yang dikajidalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana penerapan pendekatan ketrampilan proses dalam upaya meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 2 MI Ma’arif Giriloyo 2, 2) bagaimana hasil belajari siswa kelas 2 setelah menggunakan pendekatan ketrampilan proses. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasidan refleksi. Datayang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: prestasi belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, hasil wawancara dengan siswa dan guru, catatan lapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi selama proses pembelajaran, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalahadanya peningkatan prestasi belajar IPA siswa kelas 2 MI Ma’arif Giriloyo 2 yaitu meningkatnya prestasi siswa di atas KKM 72 yang mencapai 75 % dari jumlah siswa kelas 2 MI Ma’arif Giriloyo 2. Hasil penelitian,terlihat bahwa terjadi kenaikan rata-rata kelas dari Pra Siklus, Siklus I hingga Siklus II yaitu dari 66,4 pada kondisi awal pra siklus menjadi 74,64 pada akhir siklus I dan menjadi 79,4 pada akhir siklus II. Prosentase ketuntasan belajar pun mengalami peningkatan secara signifikan yaitu dari sebesar 56 % pada kondisi awal pra siklus menjadi 68 % pada akhir siklus I dan akhirnya menjadi 76 % pada akhir siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs.H.Zainal Arifin Ahmad,M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci:Belajar, Hasil Belajar, Pendekatan Ketrampilan Proses
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Oct 2014 09:33
Last Modified: 31 Jan 2017 13:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14095

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum