UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SOAL CERITA MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIK PADA KELAS II MI MA’ARIF MULO WONOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014

MARKABAN, NIM. 13485268 (2014) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SOAL CERITA MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIK PADA KELAS II MI MA’ARIF MULO WONOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SOAL CERITA MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIK PADA KELAS II MI MA’ARIF MULO WONOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SOAL CERITA MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIK PADA KELAS II MI MA’ARIF MULO WONOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Markaban, ”Upaya Peningkatan Pemahaman Soal Cerita Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Realistik Pada Kelas II MI Ma’arif Mulo Wonosari Gunungkidul Tahun Pelajaran 2013/ 2014”.Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Pendekatan Realistik adalah suatu pendekatan pembelajaran yang berhubungan dengan realitas kehidupan disekeliling siswa. Pembelajaran ini berpusat pada diri siswa dimana pendekatan tersebut mengharapkan siswa lebih aktif dalam pembelajaran sehingga peran siswa lebih banyak dari pada guru. Pendekatan Realistik, merupakan langkah yang cukup baik untuk mengembangkan kemampuan siswa berpikir kritis dan mengembangkan kemampuan mereka untuk menyesuaikan dengan pengetahuan baru menggunakan benda konkrit yang ada dilingkungan sekitar siswa. Penelitian dalam skripsi ini dilakukan untuk mengkaji penerapan pendekatan Realistik terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita matematika dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana ketuntasan hasil belajar siswa kelas II MI Ma’arif Mulo Wonosari Gunungkidul dengan pendekatan Realistik, dan bagaimana kemampuan siswa dalam pembelajaran di kelas II MI Ma’arif Mulo dalam menyelesaikan soal cerita matematika dengan menggunakan pendekatan Realistik. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Kemudian data dianalisa menggunakan statistik sederhana, yaitu: penilaian tugas dan tes serta penilaian ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Realistik di kelas II MI Ma’arif Mulo Wonosari Gunungkidul dalam proses pelaksanaannya dapat berjalan efektif dan efisien atau tergolong baik. Peningkatan kemampuan siswa di kelas II MI Ma’arif Mulo Wonosari Gunungkidul setelah menggunakan pendekatan Realistik mengalami peningkatan dan mencapai hasil prestasi yang cukup memuaskan, hal ini berdasarkan pada hasil persentase dari siklus I dengan hasil persentase 60 % meningkat menjadi 90% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Endang Sulistyawati, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PTK, Pendekatan Realistik dan Soal Cerita.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Oct 2014 13:44
Last Modified: 21 Feb 2017 10:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14113

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum