UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS III MI ISLAMIYAH SIDOHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SANTOSO SAPTO NUGROHO , NIM. 13485296 (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS III MI ISLAMIYAH SIDOHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS III MI ISLAMIYAH SIDOHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS III MI ISLAMIYAH SIDOHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)

Abstract

Santoso Sapto Nugroho, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas Iii Mi Islamiyah Sidoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar pada pembelajaran Matematika dapat diukur dari keberhasilan siswa yang mengikuti kegiatan tersebut. Keberhasilan tersebut dapat dilihat dari motivasi belajar siswa pada saat proses kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Semakin tinggi motivasi siswa maka semakin tinggi pula tingkat keberhasilan pembelajaran. Namun kenyataannya dapat dilihat bahwa motivasi belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui hasil belajar Matematika sebelum diterapkan model Problem Based Learning, untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning yang dapat meningkatkan hasil belajar Matematika, untuk mengetahui hasil belajar Matematika sesudah di terapkan model Problem Based Learning dan untuk mengetahui hasil belajar Matematika siswa kelas III MI Islamiyah Sidoharjo Polanharjo Klaten antara sebelum sesudah diterapkan Problem Based Learning. Dari penelitian ini didapatkan data bahwa hasil belajar siswa kelas III MI Islamiyah Sidoharjo pada mata pelajaran Matematika sebelum diterapkan model Problem Based Learning adalah masih rendah, dari 17 siswa yang mendapat nilai diatas batas KKM (tuntas) sebanyak 6 siswa (35%) dan sebanyak 11 siswa (65%) mendapat nilai dibawah KKM (belum tuntas). Penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas III MI Islamiyah Sidoharjo Polanharjo Klaten dilaksanakan dalam dua siklus dengan materi ajar bangun datar. Pelaksanaan tindakan melalui empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pembelajaran Matematika dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan memahami konsep dan mengaktifkan siswa dengan permainan sehingga suasana kelas menjadi lebih kondusif dan pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar Matematika siswa kelas III MI Islamiyah Sidoharjo Polanharjo Klaten sesudah di terapkan model Problem Based Learning yaitu hasil nilai Matematika pada siklus I dari 17 siswa, sebanyak 13 siswa (76%) yang mendapat nilai di atas KKM (tuntas) dan sebanyak 4 siswa (24%) masih mendapat nilai di bawah KKM (belum tuntas) dengan rata-rata kelas 68,35. Dan hasil nilai Matematika pada siklus II dari 17 siswa, sebanyak 16 siswa (94%) yang mendapat nilai di atas KKM (tuntas) dan sebanyak 1 siswa (6%) masih mendapat nilai di bawah KKM (belum tuntas) dengan rata-rata kelas sebesar 72,35. Perbandingan hasil belajar Matematika siswa kelas III MI Islamiyah Sidoharjo Polanharjo Klaten antara sebelum sesudah diterapkan model Problem Based Learning terlihat pada hasil belajar siswa ketuntasan hasil nilai dari tes pada pra siklus sebanyak 6 siswa (35%), 13 siswa (76%) pada siklus I, dan 16 siswa (94%) pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Matematika, Hasil Belajar dan Model Problem Based Learning
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Oct 2014 08:48
Last Modified: 01 Mar 2017 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14127

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum