UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN FIKIH MENGENAI RUKUN ISLAM MELALUI METODE EMPTY OUTLINE KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH BEJI TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ANNI ROHMAHWATI, NIM. 13485288 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN FIKIH MENGENAI RUKUN ISLAM MELALUI METODE EMPTY OUTLINE KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH BEJI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN FIKIH MENGENAI RUKUN ISLAM MELALUI METODE EMPTY OUTLINE KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH BEJI TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN FIKIH MENGENAI RUKUN ISLAM MELALUI METODE EMPTY OUTLINE KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH BEJI TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)

Abstract

Anni Rohmahwati, “Upaya meningkatkan pemahaman Fikih mengenai rukun Islma melalui metode empty outline kelas I Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Beji Tulung Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai oleh siswa dalam belajar prestasi belajar yang dicapai oleh siswa dalam mata pelajaran Fikih masih begitu rendah, sebagian siswa masih belum mencapai nilai yang telah ditentukan. Sementara guru dalam menyampaikan materinya selalu menerapkan metode ceramah kepada siswa. Siswa dianggap memiliki pemahaman seperti guru bahkan guru tidak mempunyai konsep pembelajaran yang penting target pembelajaran dan deadline terpenuhi. Supaya mempercepat pembelajaran guru mengajar hanya dengan ceramah dan siswa hanya mendengarkan saja, tidak memperdulikan apakah siswa dapat mengerti atau tidak. Apalagi memerlukan waktu yang lama 2 sampai 3 jam per mata pelajaran. Hal ini mengakibatkan terjadi kejenuhan pada siswa yang akibatnya hanya sedikit ingatan tentang pelajaran yang didapat. Maka dari itu diperlukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Fikih siswa Kelas I MI Muhammadiyah Beji Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan menerapkan metode pembelajaran empty outline. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan mengambil latar MI Muhammadiyah Beji Tulung Klaten. Langkah-langkah penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya meningkatkan pemahaman Fikih melalui metode empty outline kelas I Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Beji Tahun Pelajaran 2013/2014 menjadi meningkat. Hal ini terbukti bahwa pada kondisi awal pra siklus nilai ulangan harian siswa mendapat nilai tertinggi 75 nilai terendah 30, rata-rata kelas hanya 50 dan ketuntasan belajar hanya 32,15 %. Sedangkan pada akhir Siklus I nilai tertinggi naik menjadi 90 nilai terendah 40, rata-rata kelas menjadi 67,14 dan ketuntasan belajar hanya 53,57 %. Pada akhir Siklus II mengalami perubahan untuk nilai tertinggi menjadi 100, nilai terendah 50 dan ketuntasan belajar berhasil mencapai 85,71 %. Dengan demikian metode empty outline dapat meningkatkan prestasi belajar Fikih siswa kelas I MI Muhammadiyah Beji Tulung Klaten.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sangkot Sirait, M. Ag
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Oct 2014 10:32
Last Modified: 14 Feb 2017 15:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14163

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum