UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE JARIMATIKA PADA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS III DI MI YAPPI PEYUYON PACAREJO SEMANU GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ASIH SUPRIHATIN , NIM. 13485254 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE JARIMATIKA PADA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS III DI MI YAPPI PEYUYON PACAREJO SEMANU GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE JARIMATIKA PADA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS III DI MI YAPPI PEYUYON PACAREJO SEMANU GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE JARIMATIKA PADA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS III DI MI YAPPI PEYUYON PACAREJO SEMANU GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)

Abstract

Asih Suprihatin, “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dengan Metode Jarimatika pada Materi Perkalian Siswa Kelas III di MI YAPPI Peyuyon Pacarejo Semanu Gunungkidul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013 / 2014”. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Dalam pembelajaran Matematika, siswa harus dilibatkan secara mental, fisik, dan sosial untuk membuktikan kebenaran teori dan hukum matematika yang telah dipelajari. Jika hal tersebut tidak tercakup dalam proses pembelajaran dapat berpengaruh terhadap penguasaan konsep matematika dan akan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Di MI YAPPI Peyuyon dalam proses pembelajaran belum melibatkan siswa dan guru masih mendominasi proses pembelajaran di kelas sehingga berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang menuntut siswa aktif, berani mengemukakan pendapat, dan mencoba, salah satunya adalah Metode Jarimatika. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah prestasi belajar matematika sebelum menggunakan metode jarimatika pada materi perkalian siswa kelas III di MI YAPPI Peyuyon Pacarejo Semanu Gunungkidul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 (2) Bagaimanakah penerapan metode jarimatika pada materi perkalian siswa kelas III MI YAPPI Peyuyon Pacarejo Semanu Gunungkidul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. (3) Bagaimanakah hasil prestasi belajar matematika dengan metode jarimatika pada materi perkalian siswa kelas III MI YAPPI Peyuyon Pacarejo Semanu Gunungkidul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi perstasi belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, aktivitas siswa yang diambil dari lembar observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan data. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah : (1) adanya peningkatan partisipasi siswa, (2) adanya peningkatan prestasi belajar matematika siswa yaitu meningkatkan prestasi siswa di atas KKM 65 yang mencapai 77,78% dari jumlah siswa kelas III MI YAPPI Peyuyon. Pembelajaran dengan metode Jarimatika dilaksanakan dengan lima tahapan yaitu penjelasan jarimatika, diskusi kelompok, praktek jarimatika individu, pemberian penguatan, dan pemberian penghargaan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan prestasi belajar matematika siswa pada siklus I rata-rata kelas sebesar 55,56 dan persentase ketuntasan belajar 22,22 %. Hasil prestasi belajar siswa pada siklus II rata-rata kelas sebesar 83,33. Dan persentase ketuntasan belajar sebesar 77,78 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Nadlifah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Prestasi Pembelajaran Matematika, Metode Jarimatika.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Oct 2014 10:38
Last Modified: 31 Jan 2017 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14164

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum