UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF KARANGPAKEL TRUCUK KLATEN SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013/2014 MELALUI METODE PEMBELAJARAN CARD SORT

EMI KAMIA SUSILAWATI, NIM. 13485295 (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF KARANGPAKEL TRUCUK KLATEN SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013/2014 MELALUI METODE PEMBELAJARAN CARD SORT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF KARANGPAKEL TRUCUK KLATEN SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013/2014 MELALUI METODE PEMBELAJARAN CARD SORT)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF KARANGPAKEL TRUCUK KLATEN SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013/2014 MELALUI METODE PEMBELAJARAN CARD SORT)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)

Abstract

Emi Kamia Susilawati, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Mi Ma’arif Karangpakel Trucuk Klaten Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014 Melalui Metode Pembelajaran Card Sort”. Skripsi Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan menganalisis hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sebelum dan setelah penerapan metode pembelajaran card sort pada siswa kelas IV MI Ma’arif Karangpakel tahun ajaran 2013/2014. Metode pengumpulan data dari penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan cara mengumpulkan data yang diperoleh dari nilai siswa awal yang diperoleh setiap akhir pembelajaran siklus II. Penelitian ini termasuk PTK. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I atau meningkat sebesar 11 dari nilai awal. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 88,8 atau meningkat 7,8 dari kondisi awal. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 84% meningkat 20% dari kondisi awal. Ketuntasan belajar pada siswa siklus II sebesar 150% meningkat 16& dari siklus I. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Ma’arif Karangpakel Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Card Sort.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Oct 2014 10:52
Last Modified: 31 Jan 2017 15:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14167

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum