PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V DI MI MA’ARIF GEMAMPANG SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

MUHAMMAD ARIS PRABOWO, NIM. 12485148 (2014) PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V DI MI MA’ARIF GEMAMPANG SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V DI MI MA’ARIF GEMAMPANG SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V DI MI MA’ARIF GEMAMPANG SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

MUHAMMAD ARIS PRABOWO, Penerapan Strategi Index Card Match Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V di MI Ma’arif Gemampang Salam Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya nilai mata pelajaran IPS di kelas V MI Ma’arif Gemampang Salam. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas V MI Ma’arif Gemampang Salam pada mata pelajaran IPS sebelum menerapkan strategi index card match, (2) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran IPS dengan strategi index card match, (3) Bagaimana hasil belajar siswa setelah menerapkan strategi index card match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian siswa kelas V MI Ma’arif Gemampang Salam yang berjumlah 14 siswa. Pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa nilai post-test siklus I dan post-test siklus II, data hasil proses pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan strategi index card match. Untuk analisis data prestasi menggunakan rerata post-test siklus I dan post-test sklus II Sedangkan untuk analisis persentase ketuntasan belajar menggunakan analisis deskriptif teknik persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi index card match dapat dilaksanakan dengan efektif. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai post-test yang semula 73,57 pada siklus I, menjadi 81,07 pada siklus II, dengan peningkatan rata-rata 7,5 termasuk kategori hasil belajar sangat baik. Peningkatan ketuntasan belajar dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar, pada siklus I 50 % pada siklus II meningkat 78,57 % dan termasuk dalam kategori ketuntasan belajar baik. Dengan demikian, berdasar hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi index card match dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V MI Ma’arif Gemampang Salam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs.H.M.Jamroh Latief, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Index Card Match, Hasil belajar, IPS
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Oct 2014 08:56
Last Modified: 24 Feb 2017 15:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14211

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum