UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT PADA SISWA KELAS II MI MUHAMMADIYAH TRUKAN KARANGASEM PALIYAN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2013/2014

DWI RAHAYUNINGSIH , NIM. 13485277 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT PADA SISWA KELAS II MI MUHAMMADIYAH TRUKAN KARANGASEM PALIYAN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT PADA SISWA KELAS II MI MUHAMMADIYAH TRUKAN KARANGASEM PALIYAN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT PADA SISWA KELAS II MI MUHAMMADIYAH TRUKAN KARANGASEM PALIYAN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (970kB)

Abstract

Dwi Rahayuningsih, “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA melalui Strategi Pembelajaran Card Sort pada Siswa Kelas II MI Muhammadiyah Trukan Karangasem Paliyan Gunungkidul Tahun Ajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana prestasi belajar IPA siswa kelas II di MI Muhammadiyah Trukan pada tahap pra tindakkan, (2) Bagaimana proses tindakkan strategi card sort pada pembelajaran IPA kelas II di MI Muhammadiyah Trukan. (3) Bagaimana hasil prestasi belajar siswa kelas II di MI Muhammadiyah Trukan dalam pembelajaran IPA setelah tindakkan menggunakan strategi card sort. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: prestasi belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akir siklus, aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar obsercasi, hasil wawancara dengan guru, catatan lapangan untuk mencataat keadaan yang terjadi selama proses pembelajaran, dan dokumentasil indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: (1) adanya peningkatan prestasi belajar IPA siswa kelas II MI Muhammadiyah Trukan yaitu meningkatnya prestasi belajar siswa di atas KKM 70 yang mencapai 88,89 % dari jumlah siswa yang ada. Hasil prestasi belajar IPA siswa pada pra siklus rata-rata kelas sebesar 66,11 dan presentase ketuntasan belajar sebesar 55,56%. Hasil prestasi belajar siswa pada siklus I rata-rata kelas sebesar 71,39 dan presente ketuntsan belajar sebesar 72,22%. Hasi prestasi belajar siswa pada siklus II rata-rata kelas sebesar 75,28 dan presentase ketuntasan belajar sebesar 88,89%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr.Eva Latipah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran IPA MI, Card Sort, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Oct 2014 14:29
Last Modified: 31 Jan 2017 14:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14242

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum