PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN DENGAN MEDIA MANIPULATIF BAGI SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 2 RAMBEANAK KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

ANIK RAHMIYATUN, NIM. 12485097 (2014) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN DENGAN MEDIA MANIPULATIF BAGI SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 2 RAMBEANAK KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN DENGAN MEDIA MANIPULATIF BAGI SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 2 RAMBEANAK KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN DENGAN MEDIA MANIPULATIF BAGI SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 2 RAMBEANAK KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)

Abstract

Anik Rahmiyatun, “Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Materi Pecahan Dengan Media Manipulatif Bagi Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Rambeanak Mungkid Magelang”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pembelajaran melalui Media Manipulatif dalam pembelajaran matematika untk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV pada MI Muhammadiyah 2 Rambeanak Mungkid Magelang.Apakah penggunaan media manipulatif dalam pembelajaran Matematiaka materi pecahan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Begitu pula dalam pembelajaran Matematika utamanya pada materi pokok pecahan dengan penyebut sama dan penyebut tidak sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media manipulatif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, atau sebaliknya. Dalam pembelajaran ini dibatasi pada media manipulatif yang berupa buku bacaan, kertas karton dengan materi bilangan pecahan. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian tindakan pada kelas(PTK) IV MI Muhammadiyah 2 Rambeanak dan dilaksanakan dalam II siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dua kali pertemuan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, dimana refleksi pelaksanaan siklus sebelumnya menjadi acuan untuk siklus selanjutnya. Hasil penelitian ini menunjukkan, rata-rata prestasi belajar pra siklus yang diperoleh adalah 58,65 meningkat menjadi 67,69 pada siklus I dan meningkat menjadi 82,88 pada siklus II, sehingga selalu mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus I ke Siklus II. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan media manipulatif pada pembelajaran matematika siswa kelas IV MI Muhammadiyah 2 Rambeanak Mungkid Magelang dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Dr. Sukiman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pembelajaran Matematika, Media Manipulatif, Prestasi Belajar.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Oct 2014 15:19
Last Modified: 14 Feb 2017 16:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14251

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum