Pemikiran Pendidikan Islam Telaah tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum

Tasman Hamami, NIM. 89123/S3 (2006) Pemikiran Pendidikan Islam Telaah tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. ["eprint_fieldopt_thesis_type_phd" not defined] thesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
Text (Pemikiran Pendidikan Islam Telaah tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum)
BAB I, VI.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Pemikiran Pendidikan Islam Telaah tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum)
BAB II, III, IV, V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah umum dinilai belum efisien dan efektif menghasilkan lulusan (output) yang menghayati serta mengamalkan ajaran-ajaran dan nilai-nilai Islam sesuai pengetahuan yang dimiliki. Hal itu merupakan indikasi adanya kesenjangan hasil PAI antara gnosis dengan praxis. Problem ini terkait dengan pemikiran pendidikan Islam yang diformulasikan dalam pengembangan Kurikilum Tahun 1994 maupun kurikilum sebelumnya yang lebih banyak dipengaruhi oleh factor politis dari pada pemikiran filosofis-pedagogis, bersifat parsial, lebih berorientasi pada pencapaian target materi (attainment target) dari pada kompetensi dasar, dan cenderung pada pengembangan aspek kognitif, sehingga tidak dapat mengembangkan kepribadian siswa secara integrative. Karena itu, maka masalah pemikiran pendidikan Islam yang diformulasikan dalam kurikulum PAI perlu diteliti dengan focus masalah, yaitu: apakah pengembangan pemikiran kurikulum PAI di sekolah umum merefleksikan perkembangan pemikiran pendidikan Islam, dan perubahan-perubahan mendasar yang terjadi dalam pengembangan Kurikulum Tahun 1994 ke Kurikulum Tahun 2004 (Kurikulum Berbasis Kompetensi). Tujuan penelitian adalah untuk mengeksplorasi interelasi pemikiran pendidikan Islam dengan pengembangan kurikulum PAI di sekolah umum yang diformalisasikan dalam Kurikulum 1994 dan Kurikulum 2004 (KBK), dan mengelaborasi perubahan-perubahan mendasar yang terjadi dalam transformasi kurikulum tersebut. Data penelitian bersumber pada pemikiran pendidikan Islam yang dituangkan dalam bentuk buku, jurnal, maupun hasil penelitian, dan dokumen Kurikulum PAI di sekolah umum Tahun 1994 beserta suplemennya dan Kurikulum Tahun 2004 serta pustaka dan dokumen lain yang relevan. Data diperoleh dan dikumpulkan dengan metode studi pustaka yang dilakukan dengan cara:interpretasi, yaitu menyelami kepustakaan untuk memahami dan memaknai konsep-konsep yang tertulis dalam pustaka, koherensi intern, yaitu mencermati konsep-konsep dan aspek-aspek dari data penelitian menurut keselarasannya satu sama lain, komparasi ialah membandingkan antara satu konsep dengan konsep yang lain mengenai suatu hal, dan heuristika adalah upaya menemukan pemahaman atau interpretasi baru tentang suatu hal. Analisis dilakukan secara kualitatif dengan metode analisis isi dan analisis konsep. Analisis isi dan konsep adalah cara menemukan karakteruistik pesan yang dilakukan secara obyektif dan sistematis dengan prosedur, reduksi data, display data, dan verifikasi data untuk pembuatan kesimpulan. Interpretasi dan pemaknaan data penelitian ini digunakan metode eklektik inkorporatif, yaitu telaah dan seleksi data, fakta dan logika yang dilakukan secara kritis dengan kerangka teori yang telah dibangun, kemudian ditentukan dan dipilih unsure-unsur yang relevan dari berbagai pemikiran dan teoti sebagai konstruk pemikiran konseptual baru. Kerangka teori yang digunakan dalam analisa dan pemaknaan data adalah teori perenialisme, teori esensialisme, teori progresivisme, dan teori rekonstruksi social tentang manusia, pendidikan dan kurikulum yang dilakukan secara interpretative-kritis dengan metode eklektik inkoporatif. Proses analisis dilakukan dengan refleksi-dialektis yang mengacu pada prinsip normative dan akomodatif, kemudian diformulasikan simpulan-simpulan yang merupakan konstruk konseptual-teoritik sebagai temuan penelitian. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pemikiran pendidikan Islam sekolah umum yang diformulasikan dalam pengembangan kurikulum, secara teoritik merefleksikan perkembangan pemikiran pendidikan Islam, namun secara empiric pengembangan kurikulum PAI justru lebih banyak ditentukan oleh otoritas politik pendidikan. Fenomena itu bermakna bahwa factor politis memiliki daya pengaruh yang lebih kuat terhadap pengembangan kurikulum PAI Tahun 1994 dan sebelumnya lebih berorientasi pada materi dengan pendekatan subyek akademis dan menghasilkan output pendidikan yang parsial dan bersifat out-there knowledge. Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) memiliki kerangka filosofis-pedagogis yang berorientasi pada pencapaian kemampuan dasar dengan pendekatan humanis sehingga diharapkan menghasilkan penguasaan keagamaan Islam yang integrative dan bersifat in-here knowledge. Dalam transformasi dari kurikulum Tahun 1994 ke Kurikulum Tahun 2004 ditemukan perubahan-perubahan mendasar secara konseptual, sebagai berikut: a) transformasi paradigm dari pendidikan akademis yang bersifat perennial-essensialias-normatif ke pendidikan humanis yang bersifat progresif-rekonstruktif-transformatif, b) perubahan dari pendidikan yang berorientasi pada pencapaian materi yang bercorak normative-kognitif ke pendidikan yang berorientasi pada pencapaian kompetensi yang mengintegrasikan kemampuan normative, kognitif,afektif, dan psikomotorik, c) perubahan orientasi hasil (output) PAI dari penguasaan keagamaan Islam yang integrative dan bersifat out-there knowledge ke penguasaan keagamaan Islam yang integrative dan bersifat in-here knowledge, d) adanya otonomi pedagogis bagi sekolah dan guru, sehingga terjadi perubahan pembelajaran PAI dari pola guru mengajar ke pola siswa belajar dan berkembang pembelajaran PAI yang aktif, kreatif dan kontekstual, dan e)pengembangan evaluasi yang integrative dengan proses pembelajaran dan perubahan orientasi dari evaluasi PAI yang artificial-verbal menuju evaluasi PAI yang autentik-bermakna.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_phd" not defined])
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kurikulum PAI, teori perenialisme
Subjects: Ilmu Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Study Islam
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 31 Oct 2014 08:56
Last Modified: 07 Apr 2015 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14339

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum