DINAMIKA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA SEBAGAI BADAN PUBLIK DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

DEDI HARTONO , NIM. 08210071 (2014) DINAMIKA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA SEBAGAI BADAN PUBLIK DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (DINAMIKA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA SEBAGAI BADAN PUBLIK DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
08210071_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (DINAMIKA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA SEBAGAI BADAN PUBLIK DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
08210071_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)

Abstract

Penelitian ini berlandaskan pada persoalan bahwa partai politik Islam saat ini mengisyaratkan ada persoalan mendasar, yaitu secara sosiologis politik adanya ketertutupan partai politik islam dalam pengelolaan manajemen secara kelembagaan. Ditambah lagi, dengan pola komunikasi, dalam konteks keterbukaan informasi, yang digunakan kurang mengakomodir hak publik dalam mengakses informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan dinamika komunikasi dan keterbukaan informasi dari Partai Keadilan Sejahtera sebagai badan publik di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan secara metodologis, penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan ragam/tipe studi kasus sebagai konsekuensi dari tujuan penelitian, yaitu mengembangkan deskripsi dan eksplanasi yang mendalam mengenai dinamika komunikasi politik PKS dalam ranah politik Indonesia serta keterbukaan informasi di organisasi ini. Dari penelitian yang dilakukan, didapat kesimpulan bahwa dinamika komunikasi yang digunakan DPW PKS DIY terdapat dua macam, yaitu: pertama, media komunikasi massa; dan kedua, media komunikasi interpersonal. Media komunikasi massa yang digunakan secara umum ada dua bentuk media massa yaitu: komunikasi tatap muka (face to face), dan; media komunikasi berperantara. Sementara, media komunikasi berperantara terbagi ke dalam tiga bentuk, yaitu: media visual, media audio dan media audio visual. Sedangkan dalam konteks keterbukaan informasi, media yang digunakan DPW PKS Yogyakarta adalah twitter, facebook dan website cenderung bersifat formalitas seiring adanya UU Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Sebab, dari poin-poin yang merupakan kewajiban partai politik sebagai badan publik, pendanaan partai masih menjadi persoalan utama, yakni tidak dapat diakses. Dengan kata lain, DPW Partai Keadilan Sejahtera DIY tidak kooperatif dengan UU KIP

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Mohammad Zamroni, S.Sos.I., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Dinamika Komunikasi, Keterbukaan Informasi, Partai Politik, dan Badan Publik
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 31 Oct 2014 09:33
Last Modified: 16 Oct 2015 15:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14351

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum