EFEKTIVITAS STRATEGI CONTEXT RICH PROBLEMS DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEP FLUIDA PADA PROGRAM PRODUKTIF TEKNIK KENDARAAN RINGAN SISWA KELAS XI SMK YPB PURWAKARTA

DIAH SUKMAWATI , NIM. 07690032 (2014) EFEKTIVITAS STRATEGI CONTEXT RICH PROBLEMS DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEP FLUIDA PADA PROGRAM PRODUKTIF TEKNIK KENDARAAN RINGAN SISWA KELAS XI SMK YPB PURWAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( EFEKTIVITAS STRATEGI CONTEXT RICH PROBLEMS DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEP FLUIDA PADA PROGRAM PRODUKTIF TEKNIK KENDARAAN RINGAN SISWA KELAS XI SMK YPB PURWAKARTA )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text ( EFEKTIVITAS STRATEGI CONTEXT RICH PROBLEMS DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEP FLUIDA PADA PROGRAM PRODUKTIF TEKNIK KENDARAAN RINGAN SISWA KELAS XI SMK YPB PURWAKARTA )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Perbedaan pengaruh strategi context rich problems dan problem based learning terhadap hasil belajar konsep fluida pada program produktif teknik kendaraan ringan siswa kelas XI SMK YPB Purwakarta, 2) Efektivitas penggunaan strategi context rich problems dan problem based learning terhadap hasil belajar konsep fluida pada program produktif teknik kendaraan ringan siswa kelas XI SMK YPB Purwakarta. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan non equivalen control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI teknik kendaraan ringan SMK YPB Purwakarta, sedangkan sampel yang dipakai adalah siswa kelas XI TKR 1 sebagai kelompok eksperimen 1 dan kelas XI TKR 2 sebagai kelompok eksperimen 2. Penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa lembar pretest dan posttest dalam bentuk tes uraian. Teknik analisa data untuk mengetahui perbedaan pengaruh strategi menggunakan analisis uji-t, terhadap nilai posttest yang sebelumnya sudah diuji terlebih dahulu tingkat normalitas dan homogenitasnya. Untuk menguji efektivitas penggunaan strategi digunakan N-gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Tidak terdapat perbedaan pengaruh antara strategi context rich problems dan strategi problem based learning terhadap hasil belajar konsep fluida pada program produktif teknik kendaraan ringan siswa kelas XI SMK YPB Purwakarta (diuji menggunakan t-test pooled varian dengan hasil thitung -0,058 < ttabel 2,069 yang berarti H0 diterima). 2) penggunaan strategi context rich problems dan problem based learning efektif dengan perolehan nilai N-gain 0,387 dan 0,394, kedua strategi tersebut berada pada kategori efektivitas sedang. Adapun strategi problem based learning lebih baik 5% dari pada strategi context rich problems (diuji menggunakan uji effect size dengan hasil 0,05 < 0,2 berada pada klasifikasi rendah)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ika Kartika, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: strategi context rich problems, strategi problem based learning, dan konsep fluida.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 31 Oct 2014 10:29
Last Modified: 11 Feb 2016 14:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14363

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum