PROSES PERUBAHAN KONSEP BERDASARKAN COGNITIVE RECONSTRUCTION OF KNOWLEDGE MODEL PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI KELAS XI IPA MAN 1 GARUT

HILMAN FIRDAUS , NIM. 08690037 (2014) PROSES PERUBAHAN KONSEP BERDASARKAN COGNITIVE RECONSTRUCTION OF KNOWLEDGE MODEL PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI KELAS XI IPA MAN 1 GARUT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROSES PERUBAHAN KONSEP BERDASARKAN COGNITIVE RECONSTRUCTION OF KNOWLEDGE MODEL PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI KELAS XI IPA MAN 1 GARUT)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PROSES PERUBAHAN KONSEP BERDASARKAN COGNITIVE RECONSTRUCTION OF KNOWLEDGE MODEL PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI KELAS XI IPA MAN 1 GARUT)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggambarkan proses perubahan konsep peserta didik sampel pada mata pelajaran fisika berdasarkan cognitive reconstruction of knowledge model (CRKM) dan (2) menggambarkan bentuk perubahan konsep peserta didik sampel setelah melalui proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner. Kuesioner dibagi menjadi dua bagian, yaitu lembar pertanyaan dan lembar pernyataan. Lembar pertanyaan merupakan satu paket soal yang diberikan sebelum dan sesudah menjalani proses pembelajaran. Lembar pernyataan digunakan untuk mengetahui bentuk perubahan konsep yang terjadi pada peserta didik. Lembar penyataan terdiri dari empat paket yang disesuaikan dengan variabel CRKM. Lembar pernyataan digunakan untuk menggambarkan proses perubahan konsep peserta didik. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI IPA MAN 1 Garut. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random cluster sampling. Analisis data dilakukan secara kualitatif sehingga diperoleh gambaran perubahan konsep yang terjadi pada peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data, sebanyak 75% peserta didik sampel mengalami perubahan konsep setelah melalui proses pembelajaran. Dari 75% peserta didik sampel yang mengalami perubahan konsep ditemukan 2 tipe perubahan konsep dan 8 kategori proses perubahan konsep berdasarkan CRKM. Tipe perubahan konsep yang terjadi pada peserta didik adalah perubahan pengayaan dan perubahan revisi. Sementara itu kategori perubahan konsep diurutkan dari kategori CRK 1, CRK 2, CRK 3, CRK 4, CRK 5, CRK 6, CRK 7, CRK 8, yang dikategorikan berdasarkan pola dan hubungan antar-variabel CRKM. Kata kunci: Perubahan konsep, perubahan konsep pengayaan, perubahaan konsep revisi, CRKM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs.Murtono, M.Si
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 31 Oct 2014 10:33
Last Modified: 15 Feb 2016 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14365

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum