POLA JARINGAN KOMUNIKASI PADA ORGANISASI JARINGAN RADIO KOMUNITAS YOGYAKARTA (STUDI KASUS TENTANG PENGELOLAAN RADIO KOMUNITAS)

FARIKHAH YAWIENDHA ‘AINY, NIM. 10210012 (2014) POLA JARINGAN KOMUNIKASI PADA ORGANISASI JARINGAN RADIO KOMUNITAS YOGYAKARTA (STUDI KASUS TENTANG PENGELOLAAN RADIO KOMUNITAS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (POLA JARINGAN KOMUNIKASI PADA ORGANISASI JARINGAN RADIO KOMUNITAS YOGYAKARTA (STUDI KASUS TENTANG PENGELOLAAN RADIO KOMUNITAS))
10210012_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (POLA JARINGAN KOMUNIKASI PADA ORGANISASI JARINGAN RADIO KOMUNITAS YOGYAKARTA (STUDI KASUS TENTANG PENGELOLAAN RADIO KOMUNITAS))
10210012_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Media komunikasi dewasa ini semakin berkembang, media bahkan mampu membentuk pendapat umum tentang berbagai hal. Namun kemajuan dalam teknologi sarana komunikasi dan informasi ini tidak dapat mendukung seluruh kebutuhan masyarakat. Kebutuhan komunikasi dan informasi yang lebih spesifik dan bersifat lokal sering tidak mendapat tempat atau tidak dapat diwadahi oleh media massa umum. Media komunitas khususnya radio komunitas adalah solusi bagi masyarakat untuk dapat mengakses dan berpartisipasi langsung dalam komunikasi dan persebaran informasi-informasi tertentu yang mereka butuhkan. Dalam menjaga eksistensi dan kualitas radio komunitas perlu dilakukan pengelolaan yang baik. Pengelolaan radio komunitas ini menjadi perhatian para pegiat radio komunitas termasuk organisasi yang menaunginya. JRKY (Jaringan Radio Komunitas Yogyakarta), adalah sebuah organisasi atau perkumpulan yang menaungi radio komunitas-radio komunitas yang ada di Yogyakarta. Mengingat pentingnya komunikasi dan persebaran informasi mengenai pengelolaan radio komunitas, maka penelitian ini meneliti pola jaringan komunikasi mengenai pengelolaan radio komunitas di pengurus JRKY. Pendekatan atau metodologi yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis jaringan komunikasi dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara pengurus Jaringan Radio Komunitas Yogyakarta. Setelah dilakukan analisis jaringan komunikasi, diperoleh kesimpulan bahwa pola jaringan komunikasi yang terbentuk adalah pola jaringan memusat dengan klik tunggal yang terbagi dalam 4 subklik. Dalam pencarian informasi dan pilihan partner komunikasi, sebagian besar responden memilih individu #13 yang berperan sebagai star, opinion leader, dan gate keeper dalam jaringan komunikasi di Pengurus JRKY.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Abdul Rozak, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pola jaringan komunikasi, peranan dalam jaringan komunikasi, pengelolaan radio komunitas.
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Nov 2014 09:37
Last Modified: 16 Oct 2015 15:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14418

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum