IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ISLAM TERHADAP PEMBINAAN KESADARAN LINGKUNGAN HIDUP DI MADRASAH ALIYAH NEGERI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

RAHMAT, 05.3.495-BR (2006) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ISLAM TERHADAP PEMBINAAN KESADARAN LINGKUNGAN HIDUP DI MADRASAH ALIYAH NEGERI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Doctoral thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ISLAM TERHADAP PEMBINAAN KESADARAN LINGKUNGAN HIDUP DI MADRASAH ALIYAH NEGERI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ISLAM TERHADAP PEMBINAAN KESADARAN LINGKUNGAN HIDUP DI MADRASAH ALIYAH NEGERI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV, V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan cara mengimplementasikan nilai-nilai Islam dalam pembinaan kesadaran lingkungan hidup melalui proses pembelajaran di MAN Daerah Istimewa Yogyakarta. Proses pembelajaran dilaksanakan oleh Madrasah Aliyah di tempat penelitian. Adapun hasil binaan berupa sikap dan tingkah laku peserta didik sebagai perwujudan kesadaran lingkungan hidup. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpul data berupa pengamatan berpartisipasi, wawancara, analisis dokumen dan angket. Subyek penelitian adalah para peserta didik kelas II, pimpinan madrasah, guru aqidah akhlak, guru bidang lainnya dari lima MAN Daerah Istimewa Yogyakarta. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis muatan, dan analisis kuantitatif dengan pendekatan korelasi dan regresi. Nilai Islam adalah nilai akhlak perseorangan, keluarga, sosial, negara dan agama. Sedangkan nilai Islam dalam program pendidikan Islam mengandung empat pendekatan yaitu makro atau tauhid, meso atau ma’rifat, ekso atau kudrat dan mikro atau ‘amal. Pendekatan makro mengungkapkan tentang kedudukan manusia sebagai hamba Allah yang harus berbakti kepadaNya. Pendekatan meso mengungkapkan tentang diri manusia dengan segala sifat-sifat kemanusiaannya. Adapun pendekatan ekso mengungkapkan tentang usaha pembudayaan nilai-nilai dalam kehidupan masyarakat. Sedang pendekatan mikro mengungkapkan tentang kemampuan untuk meningkatkan kualitas hidup berkaitan dengan keadaan lingkungan hidupnya. Proses pembinaan nilai dalam kurikulum pendidikan Islam bertitik pangkal pada tauhid yang merupakan sumber nilai yang akan memberikan dasar bagi kehidupan manusia. Kemudian melalui pembinaan syari’ah yang berisi tentang berbagai ketentuan dan peraturan akan menimbulkan kesadaran tugas sebagai hamba Allah. Manusia akan melaksanakan ibadah sebagai hubungan vertikal yang sesuai dengan ketentuan yang telah digariskan oleh syari’ah tersebut. Sedang hubungan horisontal terwujud dalam bentuk akhlak yang berisi berbagai macam nilai. Akhirnya terbentuk taqwa yang akan memberikan sinar bagi kehidupan secara keseluruhan. Secara garis besar bahwa pembinaan kesadaran lingkungan hidup diimplementasikan pada mata pelajaran aqidah akhlak dengan porsi 5% yang berlangsung pada kelas II semester genap untuk materi lingkungan hidup yang bersumber dari nilai-nilai Islam makro,, meso dan mikro. Meskipun tidak sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri, namun hasilnya baik bahkan mendekati amat baik yaitu nilai makro baik sekali (87.02%), niali meso baik (79.75%), nilai ekso baik sekali (82.37%), nilai mikro baik sekali (85.26%) dan kesadaran lingkungan hidup baik sekali (84.94%). Adapun antara ke empat variabel independen (makro, meso, ekso dan mikro) dengan variabel dependen (kesadaran lingkungan hidup) terdapat korelasi yang positif meskipun korelasinya termasuk kategori rendah untuk makro, ekso dan mikro sedang meso sangat rendah. Dalam pada itu hasil analisis regresi dengan angka R square sebesar 0.231 menunjukkan bahwa 23.10% variabel makro, meso, ekso dan mikro mendukung kesadaran lingkungan hidup dan sisanya oleh sebab-sebab lain, khususnya materi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, biologi, fisika dan kimia, materi pendidikan akhlak, praktik sehari-hari dan penerapan nilai-nilai Islam melalui mata pelajaran pendidikan agama Islam lainnya. Kata Kunci: Lingkungan Hidup

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: Promotor: Prof Dr. H. Wuryadi, M.S.
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Hidup
Subjects: Masyarakat Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Ilmu Agama Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Nov 2014 08:20
Last Modified: 09 Apr 2015 09:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14441

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum