PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER 2 DI SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

SURYANTI , NIM. 10670012 (2014) PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER 2 DI SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER 2 DI SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 )
10670012_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka --- rev.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text ( PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER 2 DI SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 )
10670012_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir --- rev 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Telah dilakukan kajian mengenai “Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Kimia Siswa Kelas X Semester 2 di SMA Negeri 10 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014”. Jenis ice breaking yang dikaji ialah ice breaking tipe motorik dan ice breaking tipe auditori. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 10 Yogyakarta yang berjumlah 165 siswa. Sampel yang digunakan berjumlah 64 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode nontes dengan menggunakan instrumen skala motivasi belajar dan lembar observasi siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik yaitu uji t dan uji F dengan terlebih dahulu mengadakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata gain ternormalisasi kelas eksperimen sebesar 43,5% berada pada kategori sedang, sedangkan gain ternormalisasi kelas kontrol sebesar 25,2% berada pada kategori kurang. Uji t yang dilakukan menghasilkan thitung 3,296 yang lebih besar dari ttabel 1,998, sehingga dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kimia kelas yang menggunakan ice breaking tipe motorik dengan motivasi belajar kimia kelas yang menggunakan ice breaking tipe auditori. Uji hipotesis menggunakan uji F menghasilkan Fhitung sebesar 10,866 sedangkan Ftabel sebesar 3,995. Berdasarkan uji F yang dilakukan diperoleh Fhitung > Ftabel (10,866 > 3,995). Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaaan ice breaking terhadap motivasi belajar kimia siswa kelas X semester 2 di SMA Negeri 10 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sigit Prasetyo, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pengaruh, Ice breaking, Motivasi belajar.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Nov 2014 08:33
Last Modified: 23 Feb 2016 13:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14442

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum