PERILAKU ASERTIF DALAM UPAYA MEWUJUDKAN KELUARGA HARMONIS (STUDI KASUS TERHADAP SATU PASUTRI DIDESA SIDOARUM, KEC.GODEAN-SLEMANDIY)

RUJIATI , NIM. 09220073 (2014) PERILAKU ASERTIF DALAM UPAYA MEWUJUDKAN KELUARGA HARMONIS (STUDI KASUS TERHADAP SATU PASUTRI DIDESA SIDOARUM, KEC.GODEAN-SLEMANDIY). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERILAKU ASERTIF DALAM UPAYA MEWUJUDKAN KELUARGA HARMONIS (STUDI KASUS TERHADAP SATU PASUTRI DIDESA SIDOARUM, KEC.GODEAN-SLEMANDIY))
09220073_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka(1).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERILAKU ASERTIF DALAM UPAYA MEWUJUDKAN KELUARGA HARMONIS (STUDI KASUS TERHADAP SATU PASUTRI DIDESA SIDOARUM, KEC.GODEAN-SLEMANDIY))
09220073_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)

Abstract

Rujiati, Perilaku Asertif Dalam Upaya Mewujudkan Keluarga Harmonis (Studi Kasus Terhadap Satu Pasutri di Desa Sidoarum Kec. Godean Kab. Sleman DIY). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Rumusan masalah penelitiaan ini membahas tentang bagaimana usaha pasutri dalam melakukan dan menerima perilaku asertif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha yang dilakukan dalam melakukan dan menerima perilaku asertif dari pasangan.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatifdengan strategi yang digunakan adalah studi kasus. Adapun tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan observasi dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian disusun, dianalisis, dan kemudian dijelaskan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1)usaha yang dilakukan suami (Budi Iswanto) dalam melakukan perilaku asertif adalah menenangkan hati dengan dibawa bersantai, memilih kata yang pas saat menyampaikan pendapat, dan menyiapkan berbagai alasan untuk memahamkan pasangan. Sedangkan usaha yang dilakukan saat menerima perilaku asertif pasangan adalah memberi pertimbangan, memberi penjelasan, dan menunjukan raut wajah masam bila yang disampaikan bertentangan dengan dirinya. 2) Usaha yang dilakukan isteri dalam melakukan perilaku asertif adalah mengumpulkan keberanian ekstra, merangkai kata-kata, dan berfikiran positif terhadap pasangan. Kemudian usaha yang dilakukan saat menerima perilaku asertif adalah membiarkanya sampai hilang dengan sendirinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Irsyadunnas M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: perilaku asertif, keluarga harmonis.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Nov 2014 08:29
Last Modified: 27 Oct 2015 13:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14473

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum