FILANTROPI PENDIDIKAN BERBASIS ISLAM (MANAJEMEN PEMBIAYAAN DAN MUTU RUMAH PINTAR BAZNAS “PIJOENGAN” BANTUL)

SAUQI FUTAQI, S.Pd.I , NIM. 1220411198 (2014) FILANTROPI PENDIDIKAN BERBASIS ISLAM (MANAJEMEN PEMBIAYAAN DAN MUTU RUMAH PINTAR BAZNAS “PIJOENGAN” BANTUL). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (FILANTROPI PENDIDIKAN BERBASIS ISLAM (MANAJEMEN PEMBIAYAAN DAN MUTU RUMAH PINTAR BAZNAS “PIJOENGAN” BANTUL))
FILE 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FILANTROPI PENDIDIKAN BERBASIS ISLAM (MANAJEMEN PEMBIAYAAN DAN MUTU RUMAH PINTAR BAZNAS “PIJOENGAN” BANTUL))
FILE 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)

Abstract

SAUQI FUTAQI, S.Pd.I. Filantropi Pendidikan Berbasis Islam (Manajemen Pembiayaan dan Mutu Rumah Pintar BAZNAS “Pijoengan” Bantul). Tesis. Yogyakarta: Progam Studi Pendidikan Islam, Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2014. Ide penelitian ini bermula ketika peneliti melihat keberadaan Rumah Pintar BAZNAS di Piyungan Bantul yang menggunakan sumber dana dari para muzakki. Banyak sekali sentra belajar yang dikembangkan. Rumpin ini memberikan layanan setiap hari, tanpa hari libur. Yang perlu dilihat adalah bagaimana manajemen pembiayaan pendidikan yang semua operasionalnya dihasilkan dari dana filantropi Islam (BAZNAS), dan perlu diketahui sejauhmana efektivitas dan efisiensi keuangan yang digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan melalui beberapa sentra pendidikan, pelatihan, dan pemberdayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembiayaan dan mutu Rumah Pintar BAZNAS “Pijoengan” Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan emic, menekankan pada apa yang disampaikan, dipikirkan, dan dipersepsikan informan terhadap obyek yang diteliti untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan. Dalam penelitian ini, subyek penelitian yang dipilih adalah orang-orang yang terlibat langsung mulai dari pendirian hingga pengembangan. Penelitian kualitatif ini akan menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu: Observasi, Wawancara Mendalam (In-depth Interview), Dokumentasi, dan Triangulasi. Data tersebut kemudian dianalisis melalui tiga alur analisis yang terjadi bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Rumah Pintar BAZNAS “Pijoengan” merupakan salah satu layanan BAZNAS yang berupa Rumah Cerdas Anak Bangsa. Dalam pelaksanaanya, sasaran penerima layanan Rumah Pintar ini adalah kaum dhu’afa, oleh karenanya orientasi program pendidikannya adalah untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan mereka; 2) Pembiayaan di Rumah Pintar BAZNAS “Pijoengan” berbeda dengan lembaga pada umumnya. Alokasi biaya di Rumah Pintar dari tahun ke tahun mengalami kenaikan. Kenaikan itu bisa dilihat mulanya dari tahun 2011 sebesar 104.818.132, tahun 2012 sebesar 151.702.000, tahun 2013 174. 413.910, dan sampai pada perencananaan tahun 2014 sebesar 197.646.000. Kenaikan tersebut disebabkan oleh semakin meningkatnya kebutuhan layanan yang diminta oleh penerima layanan (mustahik). Sedangkan manajemen pembiayaan di Rumah Pintar BAZNAS “Pijoengan” dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengendalian (monitoring dan evaluasi); dan 3) Di Rumah Pintar BAZNAS ini, biaya selalu digunakan untuk menunjang peningkatan mutu layanan yang diberikan. Mutu ini bisa dilihat dari keberadaannya bisa memberikan layanan setiap hari tanpa hari libur, prestasi yang diraih dari Rumah Pintar, dan bukti berupa sertifikat pelatihan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Imam Machali, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Keyword: Filantropi Islam, Manajemen Pembiayaan, Mutu Pendidikan.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Nov 2014 13:27
Last Modified: 29 Apr 2015 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14481

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum