PENDIDIKAN SEKS DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MTs N WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA

MUNTOHA - NIM. 03410181, (2008) PENDIDIKAN SEKS DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MTs N WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang materi pendidikan seks yang terdapat di dalam pembelajaran Fiqih di MTs N Wonokromo serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam proses pembelajaran Fiqih tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk mengetahui secara mendalam tentang materi tentang pendidikan seks yang terdapat dalam pembelajaran Fiqih memberikan masukan metode dalam pembelajaran Fiqih khususnya materi tentang pendidikan seks. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs Negeri Wonokromo Pleret Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan (observasi), wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan : (1) materi pendidikan seks dalam pembelajaran Fiqih adalah materi materi tentang thaharah, materi tentang puasa, materi tentang pengurusan jenazah, materi tentang shalat berjamaah, materi tentang pergaulan remaja dan materi tentang zina. (2) Pelaksananaan proses pembelajaran Fiqih tentang materi pendidikan seks integral dengan materi Fiqih, maka dalam proses pembelajarannya pun juga demikian yaitu mengaitkan materi yang relevan dengan pendidikan seks sebagaimana tersebut diatas dengan memperluas materi sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. (3) Faktor pendukung dalam pembelajaran Fiqih kaitannya materi tentang pendidikan seks adalah adanya dukungan dari pihak-pihak lain seperti kepala sekolah, dewan guru dan karyawan yang membantu usaha guru Fiqih dalam memanamkan nilai-nilai ajaran Islam pada siswa, semangat guru Fiqih yang tinggi dan sikap disiplin guru Fiqih dalam menjalankan kewajibannya, minat siswa yang tinggi dan keaktifan dalam proses pembelajaran Fiqih serta rasa tanggungjawab siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru Fiqih, persiapan pembelajaran yang dilakukan oleh guru Fiqih seperti menyiapkan materi dan evaluasi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kekurangmampuan guru untuk mengeksplorasi metode-metode yang bisa digunakan, adanya sebagian siswa yang kurang merespon dan belum menyadari akan pentingnya kegiatan-kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di sekolah, adanya keterbatasan waktu jam pelajaran yang digunakan untuk proses belajar mengajar Fiqih di sekolah yaitu 2 (dua) jam pelajaran dalam satu minggu, belum adanya kerjasama yang harmonis antara orang tua siswa dengan pihak sekolah untuk saling membantu dan mencari metode yang paling tepat dalam menangani siswa yang tergolong nakal serta kurang adanya kerjasama antara sekolah dengan masyarakat sekitar sekolah sehingga kurang adanya kontrol dari lingkungan dan akibatnya terjadi hal-hal buruk yang tidak dapat diantisipasi terlebih dahulu, seperti pacaran dan merokok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: b Pembimbing : /b Karwadi, S.Ag, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan seks, Fiqih
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1449

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum