PROFESIONALISME GURU DAN UPAYA PENINGKATANNYA DI MAN YOGYAKARTA 1

NGAINUR ROSIDAH - NIM. 03470626, (2008) PROFESIONALISME GURU DAN UPAYA PENINGKATANNYA DI MAN YOGYAKARTA 1. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PROFESIONALISME GURU DAN UPAYA PENINGKATANNYA DI MAN YOGYAKARTA 1)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PROFESIONALISME GURU DAN UPAYA PENINGKATANNYA DI MAN YOGYAKARTA 1)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan di abad ini menuntut adanya manajemen pendidikan yang modern dan professional dengan bernuansa pendidikan. Lembaga-lembaga pendidikan diharapkan mampu mewujudkan peranannya secara efektif, untuk meningkatkan mutu pendidikan secara formal aspek guru mempunyai peranan penting dalam mewujudkanya. Guru merupakan kunci keberhasilan pendidikan, sebab inti dari kegiatan pendidikan adalah belajar mengajar yang memerlukan peran dari guru didalamnya. Untuk itu, lembaga pendidikan dalam berbagai jenis dan jenjang memerlukaan pencerahan dan pemberdayaan dalam berbagai aspeknya. Berpijak dari penerapan di atas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan profesionalisme guru MAN Yogyakarta 1 dalam meningkatkan kualitas para pendidiknya (Guru). Dalam hal ini subyek penelitiannya yaitu: Semua guru MAN Yogyakarta 1, Kepala sekolah, dan Siswa kelas XI MAN Yogyakarta 1. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif-kuantitatif engan menggunakan metode Observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu, adanya upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam meningkatkan kualitas para pendidiknya (Guru). Dalam meningkatakan profesionalisme guru tersebut dapat dilihat melalui usaha pihak sekolah dengan mengikut sertakan para guru untuk mengikuti seminar, workshop, mengikuti MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), dan mengikut sertakan dalam berbagai lomba. Adapun faktor pendukung, Guru mengikuti pembelajaran lanjutan S2 dan S3 baik yang sedang berjalan maupun yang sudah lulus, dibentuknya ketua tiap-tiap mata pelajaran, dan harapan kepala sekolah masing-masing guru bisa membuat karya ilmiah untuk tindakan kelas. Sedangkan faktor penghambatnya, masih ada satu dua orang guru yang kurang aktif dalam menjalankan tugasnya, keterbatasan dana yang dimiliki oleh pihak sekolah serta kurangnya kesiapan para guru menerima sesuatu hal yang masih baru seperti pemanfaatan sarana dan prasarana dalam menunjang pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Hamruni, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Profesionlisme guru, MAN 1
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 20 Jun 2012 21:52
Last Modified: 15 Mar 2017 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1452

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum