INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH GUNA MENINGKATKAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ATAS BUKU MENGOKOHKAN SPIRIT PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH KARYA FARID SETIAWAN, DKK.,)

EKA AMMUNAWAR SABIILAN , NIM. 07410126 (2014) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH GUNA MENINGKATKAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ATAS BUKU MENGOKOHKAN SPIRIT PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH KARYA FARID SETIAWAN, DKK.,). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH GUNA MENINGKATKAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ATAS BUKU MENGOKOHKAN SPIRIT PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH KARYA FARID SETIAWAN, DKK.,))
07410126_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH GUNA MENINGKATKAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ATAS BUKU MENGOKOHKAN SPIRIT PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH KARYA FARID SETIAWAN, DKK.,))
07410126_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)

Abstract

Eka Ammunawar Sabiilan. Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Muhammadiyah Guna Meningkatkan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Atas Buku Mengokohkan Spirit Pendidikan Muhammadiyah Karya Farid Setiawan, dkk.,). Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan nilainilai pendidikan Muhammadiyah yang terkandung dalam buku “Mengokohkan Spirit Pendidikan Muhammadiyah” karya Farid Setiawan, dkk., kemudian menginternalisasikan kedalam metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam guna meningkatkan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, yaitu melalui teks-teks tertulis berupa buku, jurnal, majalah, surat kabar dan lain sebagainya yang mendukung kajian penelitian. Analisis data dilakukan dengan metode teknik analisis isi (content analysis) dengan menggunakan cara berfikir induktif yaitu berangkat dari fakta-fakta khusus, peristiwa-peristiwa yang kongkrit, kemudian ditarik ke arah generalisasi yang bersifat umum. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai pendidikan Muhammadiyah yang terkandung dalam buku “Mengokohkan Spirit Pendidikan Muhammadiyah” karya Farid Setiawan, dkk., adalah: (1) Nilai Keislaman, dimana dalam metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam hendaknya diselenggarakan merujuk pada nilai-nilai yang bersumber pada al-Qur’an dan Sunnah Hadis; (2) Nilai Tajdid atau Pembaruan, hendaknya pendidik wajib memiliki jiwa sebagai pembaharu dan tidak merasa tabu dengan segala sesuatu yang baru. Terobosan-terobosan kebijakan yang bisa mendukung munculnya kegiatan-kegiatan inovatif pendidik, karyawan, dan anak didik patut sesering mungkin dikeluarkan; (3) Nilai Multikultural, pendidik dapat mengambil manfaat lebih besar untuk mengasah dan mengakui segala perbedaan yang ada dalam segi budaya masing-masing anak didik, sesama pendidik dan lingkungannya; (4) Nilai Kerjasama (Musyarokah), pendidik membuka akses seluas-luasnya dalam kerjasama, baik lintas lembaga pendidikan, masyarakat, sesama pendidik dan peserta didik; (5) Nilai Anti Kekerasan, pendidik hendaknya menciptakan iklim perdamaian, yang kondusif di lingkungan sekolah; (6) Nilai Kekeluargaan, pendidik hendaknya memposisikan peserta didik, sesama pendidik, lingkungan sekolah seperti keluarga dan membuat suasana sekolah yang bersih, rapi, dan terjaga keamanannya; (7) Nilai Keteladanan, hendaknya seorang pendidik senantiasa menjadi tauladan bagi anak didik dalam menginternalisasikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam. Guna meningkatkan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan menginternalisasikan, menanamkan dan membiasakan nila-nilai pendidkan Muhammadiya tersebut, diantaranya: (1) Nilai Keislaman; membiasakan dan membudayakan bertutur kata, berprilaku, dan berpakaian yang Islami dan sopan, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. (2) Nilai Tajdid atau Pembaruan; peningkatan budaya baca dan menulis. (3) Nilai Multikultural; metode pembelajaran pengalaman lapangan. (4) Nilai Kerjasama (Musyarokah); Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan mendatangkan pendidik mata pelajaran lain untuk meyampaikan materi pembelajan sesuai dengan materi dan bidangnya, baik pendidik satu sekolah atau lain sekolah. (5) Nilai Anti Kekerasan; klarifikasi nilai-nilai universal, yaitu menganjurkan para peserta didik mengimplementasikannya dalam wujud membantu anak didik lainnya dan didasari refleksi total terhadap diri sendiri. (6) Nilai Kekeluargaan; Pertemuan dan silaturahim 3 bulan sekali antara orang tua anak didik dengan pendidik yang diadakan disekolah. (7) Nilai Keteladanan; pendidik dan para stake holders sekolah mengawali membiasakan bertutur kata, berprilaku, dan berpakaian yang Islami dan sopan, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muqowim, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Nov 2014 14:09
Last Modified: 18 Nov 2014 14:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14579

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum