EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DENGAN METODE QIRA'ATI (STUDI KASUS DI PP PUTRI AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA)

NUR IMAROH - NIM. 03470612, (2008) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DENGAN METODE QIRA'ATI (STUDI KASUS DI PP PUTRI AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DENGAN METODE QIRA'ATI (STUDI KASUS DI PP PUTRI AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA))
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DENGAN METODE QIRA'ATI (STUDI KASUS DI PP PUTRI AL-MUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA))
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (650kB)

Abstract

ABSTRAK Sebagai awal untuk mencetak generasi Islam yang berwawasan Qur'ani adalah menanamkan kecintaan terhadap al-Qur'an. Salah satunya adalah perintah membaca al-Qur'an yang merupakan langkah awal bagi upaya pemahaman dan pengamalan isi kandungan al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari. Kebanyakan membaca al-Qur'an cenderung hanya sekedar membaca, menghafal, tidak memahami masing-masing huruf. Menyadari hal ini, banyak para pendidik Islam mencoba mencari cara baru yang dalam mengajarkan al-Qur'an dengan tartil dan teliti maksudnya cepat, tepat dan benar sesuai dengan kaidah tajwid. sehingga lebih praktis dan efektif diantaranya adalah metode Qira'ati Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas pembelajaran al-Qur'an dengan metode Qira'ati di PP. Putri al-Munawwir komplek Q krapyak Yogyakarta serta faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilannya. Populasi penelitian ini adalah pengurus pengajian al-Qur'an, Ustadzah Qira'ati, sebagai pendukung seluruh santri Qira'ati yang berjumlah 97 orang. Penulis menggunakan purposive sampel. Pengambilan sampel dilakukan karena pertimbangan-pertimbangan diantaranya efektivitas biaya, efektivitas waktu, tenaga dan karena kondisi tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan: (1.a) Tujuan pembelajaran al-Qur'an dengan metode Qira'ati di PP. Putri al-Munawwir komplek Q dapat membaca al-Qur'an dengan tartil baik tajwid, makhraj maupun shifatul hurufnya, mengenai bacaan ghorib, menyebarluaskan ilmu baca al-Qur'an yang benar dengan cara yang benar.(1.b) Ustadzah yang mengajarkan Qira'ati harus bersyahadah, syahadah diperoleh dengan cara tashih (tes) yang dikeluarkan dari pusat (semarang) ataupuan cabangnya.(1.c) Materi disampaikan secara runtut, tertib dan berkesinambungan dari hal-hal yang mudah ke hal-hal yang sulit .(1.d) Dalam proses pembelajaran Ustadzah memegang prinsip triwasgas dan santri memegang prinsip LTCB.(2) pembelajaran al-Qur'an dengan metode Qira'ati yang dicapai menunjukkan keberhasilan (efektif). Bukti keberhasilannya diperoleh dari hubungan yang positif antara guru dengan murid dari segi proses yang dilihat dari observasi dilapangan yang menunjukkan 85.6% aktivitas pembelajaran Qira'ati dan 83.8% aktivitas siswa. 76% yang dapat dilihat dari segi hasil, keberhasilan yang dicapai tentunya tidak lepas dari faktor pendukung dan penghambat keberhasilannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Mangun Budiyanto.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, pembelajaran Al Qur'an, Qira'ati
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 21 Jun 2012 21:20
Last Modified: 15 Mar 2017 08:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1458

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum