KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN K.H. IMAM ZARKASYI PADA PONDOK PESANTREN ALUMNI

M YUNUS ABU BAKAR , NIM. 973087 (2007) KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN K.H. IMAM ZARKASYI PADA PONDOK PESANTREN ALUMNI. Doctoral thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN K.H. IMAM ZARKASYI PADA PONDOK PESANTREN ALUMNI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN K.H. IMAM ZARKASYI PADA PONDOK PESANTREN ALUMNI)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Tujuan penelitian disertasi ini untuk menjawab rumusan permasalahan (research question) dengan menganalisis dan menemukan: 1. Konsep pemikiran pendidikan K.H. Imam Zarkasyi?; 2. Bentuk implementasi pemikiran K.H. Imam Zarkasyi pada Pondok Pesantren Alumni?; Alasan Pondok Pesantren Alumni mengimplementasikan pemikiran pendidikan K.H. Imam Zarkasyi?. Dilihat dari segi tujuannya, penelitian ini memiliki dua pendekatan, yaitu: Pertama, pendekatan penelitian historis factual tokoh K.H. Imam Zarkasyi, sehingga dapat memperoleh singularitas konsep pemikiran pendidikan tokoh tersebut: Kedua, pendekatan postpositivisme rasionalistik, yang bertujuan untuk dapat menjelaskan, mengapa dan bagaimana bentuk implementasi pemikiran pendidikan tersebut pada pondok pesantren alumni. Populasi dalam penelitian ini dapat dibedakan menjadi dua, yaitu: Pertama, mother population, yaitu pondok pesantren alumni yang berjumlah 179 pondok pesantren; Kedua, parent population, yaitu konsep pemikirian pendidikan K.H. Imam Zarkasyi. Dengan demikian penelitian ini menggunakan teknik multi-site (multi area) dan single case (Satu kasus). Pengambilan sampel dalam penelitian kualitatif ini dapat dilakukan secara purposive sampling dengan Subjek penelitian ini adalah 4 (empat) Pondok Pesantren Alumni, yaitu: 1. Pondok Pesantren Al-Amien Preduan Sumenep Madura jawa Timur; 2. Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki Sukoharjo Jawa Tengah; 3. Pondok Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta Selatan; dan 4. Pondok Pesantren Daar el-Alzhar Rangkasbitung Lebak Banten. Temuan penelitian ini dapat dipaparkan sebagai berikut: Pertama; Terdapat 11 konsep pemikiran K.H. Imam Zarkasyi, 11 konsep pemikiran pendidikan tersebut diabstrasikan enjadi 54 karakteristiknya. Adapu konsep pemikiran pendidikannya adalah : 1) pemikiran dan Modernitas dengan karakteristik, 2) Konsep Totalitas Pendidikan, 3) Konsep Pengajaran Inovatif, 4) Sistem Mu’allimin, 5) Pandangan Kyai, 6) Pandangan terhadap guru, 7) Pandangan terhadap santri, 8) Kelembagaan Pesantren, 9) Manajemen Pesantren, 10) Sistem Kepemimpinan, dan 11) Lingkungan yang dikonstruksi. Kedua; Bentuk implementasi pemikiran pendidikan K.H. Imam Zarkasyi pada Pondok Pesantren alumni dapat dibedakan menjadi dua kategori, yaitu: Pertama, Inovasi konstruktif linier, Pondok Pesantren Al-Amien Preduan dan Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta; Kedua, Inovasi diversifikasi pararel, Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki dan Pondok Pesantren Daar el-Azhar Banten. Ketiga; berbagai Alasan mengimplementasinya, yaitu kuatnya falsafah pendidikan, pendidikan totalitas, efisien dan efektif, metode pengajaran modern, membangun mental skill dari pada technical skill, dan keberhasilan pencitraan (imge building) K.H. Imam Zarkasyi pada system pendidikan modern dalam pondk pesantren dengan berbagai keunggulan sebagai berikut: 1) Integrasi total system pesantren dan system sekolah, 2) Pembinaan kehidupan santri terus menerus selama 24 jam, 3) memfungsikan hidden curriculum secara maksimal dalam kehidupan pesantren, dan 4) Bahasa Arab dan Bahasa Inggris sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: Promotor : Prof. Dr. H. Noeng Muhadjir
Uncontrolled Keywords: Pemikiran Pendidikan, K.H. Imam Zarkasyi, Pondok Pesantren
Subjects: Ilmu Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Ilmu Agama Islam
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 20 Nov 2014 09:16
Last Modified: 09 Apr 2015 11:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14613

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum