PERAN PEMBINA ASRAMA DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DI ASRAMA SMP MUHAMMADIYAH AL-MANAR GALUR KULON PROGO YOGYAKARTA

IHTIARTI , NIM. 07410173 (2014) PERAN PEMBINA ASRAMA DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DI ASRAMA SMP MUHAMMADIYAH AL-MANAR GALUR KULON PROGO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN PEMBINA ASRAMA DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DI ASRAMA SMP MUHAMMADIYAH AL-MANAR GALUR KULON PROGO YOGYAKARTA)
07410173_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEMBINA ASRAMA DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DI ASRAMA SMP MUHAMMADIYAH AL-MANAR GALUR KULON PROGO YOGYAKARTA)
07410173_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

IHTIARTI. Pengembangan Kepribadian di Asrama SMP Muhammadiyah Al-Manar, Galur, Kulon Progo, Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini yaitu kesadaran orang tua untuk menyekolahkan anaknya ke sekolah yang memiliki asrama, dengan harapan anak bisa mengembangkan kepribadian dan berakhlak mulia. Pengembangan kepribadian santri merupakan suatu aktifitas pendidikan yang dilakukan untuk mengembangkan potensi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tentang program pengembangan kepribadian, peran pembina asrama dalam pengembangan program kepribadian, serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program pengembangan kepribadian di asrama SMP Muhammadiyah Al-Manar Galur Kulon Progo Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, mengambil latar belakang SMP Muhammadiyah Al-Manar Galur Kulon Progo Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi non partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Pemeriksaan data dilakukan dengan teknik triangulasi dengan melalui dua modus yaitu menggunakan sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Bentuk dan macam pengembangan kepribadian terdiri dari : (a) program khusus (motivasi khusus, tamyis, kunjungan ke tokoh/pimpinan Muhammadiyah), (b) berbentuk pembiasaan (mengucapkan salam, shalat dhuha, shalat berjamaah tepat waktu, shalat lail), (c) program terintegrasi (ilmu nahwu, tapak suci, hisbul wathan, muhadharah, khot, tahfidzul qu`an, penguasaan bahasa asing, sukses ujian nasional, studi ilmu dasar keislaman). (2) Upaya yang dilakukan pembina dalam pengembangan kepribadian yakni dengan keteladanan, pembinaan perorangan dan kelompok, penyadaran (muhasabah) dan pembiasaan (mujahadah), apresiasi dan tanggung jawab (3) Faktor pendukung : fasilitas yang memadai, peran dari pembina asrama dan pendamping, peran dari orang tua, komitmen donatur, masyarakat yang mendukung. Faktor penghambat : kurangnya pembiayaan, kurangnya sumber daya manusia, pengawasan intensif, gedung asrama masih campur putra putri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sabarudin, M. Si.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Nov 2014 09:19
Last Modified: 25 Nov 2014 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14637

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum