PENERAPAN EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH AL-MUHTADIN PLUMBON BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

MUSLIH SUMANTRI , NIM. 06420075 (2014) PENERAPAN EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH AL-MUHTADIN PLUMBON BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH AL-MUHTADIN PLUMBON BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
06420075_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka(1).pdf

Download (30MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH AL-MUHTADIN PLUMBON BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
06420075_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)

Abstract

Muslih Sumantri, Penerapan Edutainment Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Al-Muhtadin Plumbon Banguntapan Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan edutainment dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Almuhtadin Plumbon Banguntapan yang dipraktekkan oleh guru bahasa Arab di madrasah tersebut. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung dalam dunia pendidikan pada umumnya dan Pendidikan Bahasa Arab pada khusunya. Berkaitan dengan tema yang penulis angkat, penulis berharap bisa mengetahui model pembelajaran dengan penerapan edutainment dalam proses belajar-mengajarnya, sehinggadengan penerapan tersebut dapat menumbuhkan rasa nyaman, senang dan menikmati dalam belajar bahasa Arab, serta bagi penulis dapat menambah pengalaman teoritik tentang model atau gaya pembelajaran yang tepat bagi peserta didik dalam mengajarkan bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil obyek penelitian di Madrasah Diniyah Al-Muhtadin Plumbon Banguntapan Yogyakarta. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk Sumber Data adalah Direktur Madrasah Al-Muhtadin, Guru Bahasa Arab (Ustad Iskhak Maulana dan Ustadz Agus Gunawan), para santri, dan semua elemen yang berkaitan dengan penerapan edutainment di Kelas I-IV Madrasah Diniyah sebagai responden, atau obyek yang terlibat langsung dengan penerapan edutainment ini. Sedangkan Staf TU, Guru Non Bahasa Arab dan Wali Santri sebagai pendukung dalam keabsahan data. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik analisis data dengan tahapan sebagai berikut: pengumpulan data, reduksi data, menarik kesimpulan dan verifikasi serta yang terakhir adalah triangulasi. Hasil penelitian penerapan edutainment dalam pembelajaran bahasa Arab adalah: (1). menciptakan untuk aktivitas belajar yang kondusif. (2) memberikan motivasi yang besar kepada santri terhadap bahasa Arab. (3) guru melakukan pendekatan yang intens terhadap santri dan membuat pola komunikasi antara guru-santri, guru-wali, wali-santri. (4) penggunaan istilah-istilah bahasa Arab baik didalam, maupun diluar kelas. (5) memperkuat hubungan antara santri dengan santri maupun guru dengan santri dalam interaksi keseharian baik didalam maupun diluar kelas. (6) memberikan kebebasan kepada santri untuk berkreasi dalam belajar, memberikan ruang gerak yang bebas kepada santri untuk berekspresi, bereksperimen serta berinovasi dalam belajar bahasa Arab. . Jadi pada intinya, secara umum penerapan edutainment dalam pembelajaran bahasa arab sangatlah komplek, dengan melibatkan semua stakeholder yang ada, pembelajaran dengan penerapkan edutainment ini, yang dimulai dari awal pembelajaran sampai pada persiapan-persiapan yang dilakukan yang berkaitan dengan pembelajaran, mulai dari kelas, langka-langkah sekecil apaun sudah dipikirkan oleh ustadz Pengajar Bahasa Arab. Bahkan pembelajaran di madrasah ini tidak tersekat oleh ruang dan waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Nizar Ali, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Edutainment, Menyenangkan, Menumbuhan minat, Berbasis aktivitas, Kolaboratif
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Nov 2014 09:30
Last Modified: 21 Jul 2017 09:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14640

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum