PENGEMBANGAN SLIMS 5 MERANTI DI LABORATORIUM PERPUSTAKAAN FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (MEMBANGUN NOTIFIKASI KETERLAMBATAN PENGEMBALIAN BUKU VIA SMS)

AGUS ARIS STYAWAN , NIM. 07140050 (2014) PENGEMBANGAN SLIMS 5 MERANTI DI LABORATORIUM PERPUSTAKAAN FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (MEMBANGUN NOTIFIKASI KETERLAMBATAN PENGEMBALIAN BUKU VIA SMS). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SLIMS 5 MERANTI DI LABORATORIUM PERPUSTAKAAN FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (MEMBANGUN NOTIFIKASI KETERLAMBATAN PENGEMBALIAN BUKU VIA SMS))
07140050_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka ---rev.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SLIMS 5 MERANTI DI LABORATORIUM PERPUSTAKAAN FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (MEMBANGUN NOTIFIKASI KETERLAMBATAN PENGEMBALIAN BUKU VIA SMS))
07140050_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Laboratorium Perpustakaan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta adalah laboratorium perpustakaan yang menggunakan software otomasi SLiMS 5 Meranti untuk membantu proses pengolahan data perpustakaan. Dari implementasi software tersebut, ditemukan adanya beberapa kendala yang dihadapi. Jika dicermati, kendala-kendala itu muncul disebabkan karena pada modul SLiMS 5 Meranti baru tersedia fitur pengiriman notifikasi keterlambatan pengembalian buku melalui e-mail yang dirasakan kurang efektif jika dibandingkan dengan pengiriman notifikasi keterlambatan pengembalian buku via SMS. Untuk memberikan solusi akan hal itu, Laboratorium Perpustakaan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta perlu melakukan pengembangan SLiMS 5 Meranti yang mulanya hanya bisa mengirimkan notifikasi keterlambatan pengembalian buku melalui e-mail menjadi bisa mengirimkan notifikasi keterlambatan pengembalian buku via SMS. Penelitian ini khusus membahas tentang bagaimana SLiMS 5 Meranti dapat dikembangkan sehingga bisa mengirimkan notifikasi keterlambatan pengembalian buku via SMS di Laboratorium Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pengembangan SLiMS 5 Meranti yang diintegrasikan dengan SMS Gateway dengan melalui beberapa tahapan pengembangan sistem. Mulai dari tahap perencanaan sistem sampai dengan tahap pengujian sistem, hasil dari penelitian ini telah menciptakan sebuah fitur baru yang ada di software SLiMS 5 Meranti dimana pengiriman pesan notifikasi keterlambatan pengembalian buku dapat dikirimkan tidak hanya melalui e-mail akan tetapi juga dapat dikirim via SMS yang dilakukan oleh sistem secara otomatis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : M. Solihin Arianto, S.Ag., SIP., M.Lis.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: SLiMS 5 Meranti, SMS Gateway, Gammu, Pengembangan SLiMS.
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Nov 2014 10:07
Last Modified: 13 Oct 2015 15:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14656

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum