PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA PADA MATERI ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN UNTUK SMP KELAS VII

SITI LULU’ATUL MUCHLISOH , NIM. 08690053 (2014) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA PADA MATERI ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN UNTUK SMP KELAS VII. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA PADA MATERI ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN UNTUK SMP KELAS VII)
08690053_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA PADA MATERI ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN UNTUK SMP KELAS VII)
08690053_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA, (2) mengetahui kualitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA dan (3) mengetahui respon peserta didik terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model prosedural yang mengadaptasi prosedur penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall yang dapat dilakukan dengan lebih sederhana menurut Tim Puslitjaknov yang dibatasi dalam 4 langkah yaitu (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil dan produk akhir. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian untuk mengetahui kualitas LKPD menggunakan skala Likert dengan empat kategori yang disusun dalam bentuk checklist dan untuk mengetahui respon peserta didik menggunakan lembar angket respon menggunakan skala Guttman. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa: (1) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA pada materi Energi dalam Sistem Kehidupan untuk SMP kelas VII, (2) memperoleh hasil penilaian kualitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA yang dikembangkan menurut ahli materi memiliki kualitas Baik (B) dengan persentase keidealan 80,55%, menurut ahli media dan guru IPA memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan masing-masing 83,93% dan 86,01%. Respon peserta didik terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA pada uji coba lapangan skala kecil adalah Setuju (S) dengan persentase keidealah 84,09%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Fitria Yuniasih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA, Energi dalam Sistem Kehidupan.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Nov 2014 14:19
Last Modified: 15 Feb 2016 10:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14669

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum