PENGGUNAAN MEDIA INTERNAL DALAM MEMBINA HUBUNGAN HARMONIS ANTAR KARYAWAN (STUDI DESKRIPTIF MEDIA”SIMOP” PT. PERTAMINA (PERSERO) RU IV CILACAP)

SAMINO , NIM. 09730011 (2014) PENGGUNAAN MEDIA INTERNAL DALAM MEMBINA HUBUNGAN HARMONIS ANTAR KARYAWAN (STUDI DESKRIPTIF MEDIA”SIMOP” PT. PERTAMINA (PERSERO) RU IV CILACAP). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA INTERNAL DALAM MEMBINA HUBUNGAN HARMONIS ANTAR KARYAWAN (STUDI DESKRIPTIF MEDIA”SIMOP” PT. PERTAMINA (PERSERO) RU IV CILACAP))
09730011_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA INTERNAL DALAM MEMBINA HUBUNGAN HARMONIS ANTAR KARYAWAN (STUDI DESKRIPTIF MEDIA”SIMOP” PT. PERTAMINA (PERSERO) RU IV CILACAP))
09730011_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media internal Simop di PT. Pertamina (Persero) RU IV Cilacap dalam membina hubungan harmonis antar karyawan. Simop merupakan media internal PT. Pertamina (Persero) RU IV Cilacap yang digunakan sebagai media komunikasi internal perusahaan yang berisi informasi terkait kegiatan yang sudah dilakukan atau akan dilakukan, berita seputar perusahaan, standar operasional kerja, sekaligus dapat digunakan sebagai media yang dapat menampung aspirasi serta keluhan karyawan, dengan melibatkan karyawan secara langsung dalam penggunaannya. Sebagai media yang interaktif, simop dapat diakses oleh seluruh karyawan PT. Pertamina (Persero) RU IV Cilacap yang sudah memiliki id dan pasword, serta memiliki hak otorisasi mengakses Simop. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan maksud dapat menggambarkan permasalahan dan penyelesaiannya mengenai obyek yang diteliti. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi dan wawancara dengan nara sumber sekaligus karyawan pengguna simop supaya bisa mendapatkan informasi yang akurat, serta dokumen pendukung lainnya seperti rekaman wawancara, foto, artikel, literature dan dokumen terkait yang berkaitan dengan masalah yang diteliti dalam penelitian ini. Setelah data didapat dari lapangan, kemudian data diolah dan dianalisis dengan cara memilih informasi yang sesuai dengan topik pembahasan, kemudian menyajikan dalam bentuk rangkuman dan menarik kesimpulan. Selanjutnya untuk menguatkan hasil penelitian tersebut, digunakan metode keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber yang diambil dari pihak luar yang sudah berpengalaman sesuai dengan topik penelitian. Hasil penelitian menggambarkan bahwa penggunaan media internal dalam bentuk media Simop dapat membina hubungan harmonis antar karyawan dengan berbagai informasi yang disajikan sesuai dengan apa yang dibutuhkan karyawan, serta adanya rublik khusus yang disediakan untuk menampung aspirasi, pendapat, dan kreatifitas karyawan yang melibatkan partisipasi pengguna Simop.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Rika Lusri Virga, S.IP, MA
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Public Relations, Media Internal
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Nov 2014 08:52
Last Modified: 08 Jan 2016 16:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14688

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum