EVALUASI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PEMENTASAN SENDRATARI RAMAYANA BALLET (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA MANAJEMEN RAMAYANA BALLET MANDIRA BARUGA PURAWISATA YOGYAKARTA)

SULARDI , NIM. 09730021 (2014) EVALUASI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PEMENTASAN SENDRATARI RAMAYANA BALLET (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA MANAJEMEN RAMAYANA BALLET MANDIRA BARUGA PURAWISATA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PEMENTASAN SENDRATARI RAMAYANA BALLET (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA MANAJEMEN RAMAYANA BALLET MANDIRA BARUGA PURAWISATA YOGYAKARTA))
09730021_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PEMENTASAN SENDRATARI RAMAYANA BALLET (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA MANAJEMEN RAMAYANA BALLET MANDIRA BARUGA PURAWISATA YOGYAKARTA))
09730021_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ramayana Ballet Mandira Baruga Purawisata adalah salah satu tujuan wisata budaya yang ada di Yogyakarta. Sendatari Ramayana Ballet ini sudah dipentaskan di Mandira Baruga Purawisata sejak tahun 1976 setiap malamnya secara rutin sehingga mendapatkan penghargaan dari MURI.Namun disayangkan masyarakat lokal banyak yang belum mengetahui keberadaan Ramayana Ballet ini. Juga ketersediaan kapasitas tamu yaitu 500 seat namun kunjungan rata-rata perhari adalah sekitar 150 seat. Ramayana Ballet ini ditangani oleh dua manajemen yaitu manajemen Mandira Baruga Purawisata (PT. Ganesha Dwi Paya Bakti) dan manajemen sanggar Ramayana Ballet. Hal inilah yang menjadi daya tarik dan penting, peneliti melakukan penelitian ini. Ramayana Ballet Mandira Baruga Purawisata ini telah menerapkan bauran komunikasi pemasaran dalam menjalankan bisnisnya meliputi periklanan, kehumasan (packaging dan pelayanan), penjualan personal, promosi penjualan, dan pemasaran langsung dan komunikasi dari mulut ke mulut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi terhadap strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Ramayana Ballet Mandira Baruga Purawisata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Untuk mendapatkan data yang benar peneliti menggunakan triangulasi sumber (data). Data tersebut peneliti dapatkan dari wawancara, observasi dan dokumentasi maupun pustaka. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan, Penelitian menunjukan bahwa humas, promosi penjualan, pemasaran langsung, packaging, merupakan sarana komunikasi pemasaran yang efektif. Sedangkan untuk periklanan, dan penjualan personal, komunikasi mulut ke mulut juga sudah berjalan baik. Ada cara dalam penjualan personal yaitu sales force namun belum efektif karena belum menunjukan hasil sesuai harapan. Komunikasi pemasaran dengan segmentasi ke travel agent atau mitra kerja adalah hal yang sangat perlu diperhatikan, karena dari segmentasi inilah yang mempunyai hasil paling besar. Komunikasi pemasaran ke lokal atau domestik perlu dikembangkan lagi karena masih sedikitnya tamu domestik dibanding tamu mancanegara atau terdapat perbandingan yang sangat mencolok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Diah Ajeng Purwani, S.Sos, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Ramayana Ballet, Evaluasi Strategi
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Nov 2014 08:54
Last Modified: 11 Jan 2016 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14689

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum