PENGASUHAN IBU PADA ANAK MASA PRA REMAJA STUDI KASUS PENGASUHAN IBU DENGAN KEHAMILAN TIDAK DIKEHENDAKI (KTD) DI DUSUN X KABUPATEN KULON PROGO

YUNI LESTARI , NIM. 10710066 (2014) PENGASUHAN IBU PADA ANAK MASA PRA REMAJA STUDI KASUS PENGASUHAN IBU DENGAN KEHAMILAN TIDAK DIKEHENDAKI (KTD) DI DUSUN X KABUPATEN KULON PROGO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGASUHAN IBU PADA ANAK MASA PRA REMAJA STUDI KASUS PENGASUHAN IBU DENGAN KEHAMILAN TIDAK DIKEHENDAKI (KTD) DI DUSUN X KABUPATEN KULON PROGO)
YUNI LESTARI 10710066 HALAMAN AWAL, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN [FILE 1].pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGASUHAN IBU PADA ANAK MASA PRA REMAJA STUDI KASUS PENGASUHAN IBU DENGAN KEHAMILAN TIDAK DIKEHENDAKI (KTD) DI DUSUN X KABUPATEN KULON PROGO)
YUNI LESTARI 10710066 BAB, II, BAB III, BAB IV [FILE 2].pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengasuhan yang dilakukan para ibu yang mengalami kehamilan tidak dikehendaki terhadap anak usia pra remaja di dusun X di kabupaten Kulon Progo. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah dua orang ibu yang melakukan pengasuhan pada anak usia 12 tahun. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah studi kasus jenis komparatif. Pendekatan kualitatif dengan studi kasus komparatif digunakan untuk memahami proses pengasuhan yang dilakukan orang tua yang mengalami kehamilan di luar nikah, dan untuk melihat kondisi tugas perkembangan yang terjadi diantara anak-anak informan ketika menjalani masa pra remaja. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pengasuhan yang dilakukan ibu yang mengalami kehamilan diluar nikah tidak memiliki perencanaan apapun, kecuali ingatan pada pengalaman pengasuhan yang diperoleh saat masih bersama orang tua. Terdapat perubahan cara atau sikap dari masing-masing proses pengasuhan yang dilakukan, dimana pengasuhan awalnya cenderung mengarah pada gaya otoriter yaitu dalam bentuk pembatasan kebebasan anak dan hukuman yang dapat mengucilkan anak, kemudian muncul perbaikan yang mengarah pada gaya yang lebih demokratis. Selain itu, peristiwa KTD yang terjadi merupakan pengaruh dari lemahnya kontrol sosial yang terjadi di dusun X. Hal yang menjadi pendukung dalam melakukan pengasuhan adalah adanya harapan dari setiap informan terhadap kehadiran anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Satih Saidiyah, Dipl. Psy., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pengasuhan Pra Remaja, kehamilan di luar nikah,
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Nov 2014 09:00
Last Modified: 22 Dec 2015 16:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14691

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum