PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI BERBASIS PENDIDIKAN TAUHID DAN ENTREPRENEURSHIP (PENELITIAN DI TK KHALIFAH GEDONG KUNING YOGYAKARTA)

CHOIRUL HIDAYAH, S.Pd.I , NIM. 1220430001 (2014) PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI BERBASIS PENDIDIKAN TAUHID DAN ENTREPRENEURSHIP (PENELITIAN DI TK KHALIFAH GEDONG KUNING YOGYAKARTA). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI BERBASIS PENDIDIKAN TAUHID DAN ENTREPRENEURSHIP (PENELITIAN DI TK KHALIFAH GEDONG KUNING YOGYAKARTA))
FILE_1_TESIS_CHOIRUL HIDAYAH_NIM.1220430001.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI BERBASIS PENDIDIKAN TAUHID DAN ENTREPRENEURSHIP (PENELITIAN DI TK KHALIFAH GEDONG KUNING YOGYAKARTA))
FILE_2_TESIS_CHOIRUL HIDAYAH_NIM.1220430001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Choirul Hidayah, Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Berbasis Tauhid Dan Entrerpreneurship (Penelitian di TK Khalifah Gedong Kuning Yogyakarta), Tesis, Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi oleh rendahnya jumlah wirausahawan di Indonesia dibanding dengan negara-negara maju serta menurunnya moral bangsa Indonesia dengan banyaknya kasus-kasus kriminal yang dilakukan pada usia anak-anak. Berangkat dari masalah tersebut, pentingnya para praktisi pendidikan mempunyai semangat tinggi untuk memberikan solusi dengan membuat konsep pendidikan yang berbasis tauhid dan entrepreneurship mulai dari pendidikan usia dini. Penelitian ini merupakan studi kasus yang dilakukan di TK Khalifah Gedong Kuning Yogyakarta. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah mendeskripsikan secara umum pengembangan kreativitas anak usia dini berbasis pendidikan tauhid dan entrepreneurship, menyajikan gambaran tentang metode pembelajaran anak usia dini berbasis tauhid dan entrepreneurship, serta menguraikan kegiatan dari pengembangan kreativitas pada pendidikan entrepreneurship. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang diarahkan pada field research. Jenis data yang digunakan adalah data-data yang diperoleh bersumber dari observasi, pengumpulan data di lapangan, interview, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kreativitas anak usia dini berbasis tauhid dan entrepreneurship di TK Khalifah Gedong Kuning Yogyakarta penting untuk terus dikembangkan sampai pada tingkat jenjang perguruan tinggi. Pembelajaran tauhid dan entrepreneurship diintegrasikan pada setiap sentra. Dalam pengembangan kreativitas berbasis pendidikan tauhid dan entrepreneurship dengan menggunakan pendekatan dari aspek pribadi, pendorong, proses, dan produk. Proses penerapan yang dilakukan dalam pembelajaran berbasis pendidikan tauhid dan entrepreneurship di TK Khalifah Gedong Kuning Yogyakarta melalui berbagai kegiatan baik indoor maupun outdoor dengan pembelajaran sesuai dengan tahap perkembangan anak dimana dalam proses pembelajarannya dapat mengembangan kreativitas anak. Implikasi dari penerapan berbasis pendidikan tauhid dan entrepreneurship pada dasarnya dapat menumbuhkan kecintaan anak pada Sang Khalik untuk dapat mengagumi kebesaran Allah dan meyakini bahwa Allah adalah satu-satunya pencipta, pemilik, pemelihara dan penguasa semua makhluk dan seluruh alam. Sedangkan pada penerapan pendidikan berbasis entrepreneurship dapat menumbuhkan kemandirian dan semangat wirausaha sejak usia dini dengan kreativitas yang dimiliki pada setiap anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Prof.Dr.H.Hamruni.M.S.i
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pendidikan anak usia dini, kreativitas, tauhid dan enterpeneurship.
Subjects: Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru RA - PAUD
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Nov 2014 13:59
Last Modified: 13 Apr 2015 16:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14715

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum