PENANAMAN KECERDASAN EMOSI PADA ANAK USIA DINI DI TK WIDYA MULIA SUKOHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA

ANTI MUKHOYAROH , NIM. 10416014 (2014) PENANAMAN KECERDASAN EMOSI PADA ANAK USIA DINI DI TK WIDYA MULIA SUKOHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENANAMAN KECERDASAN EMOSI PADA ANAK USIA DINI DI TK WIDYA MULIA SUKOHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (882kB) | Preview
[img] Text ( PENANAMAN KECERDASAN EMOSI PADA ANAK USIA DINI DI TK WIDYA MULIA SUKOHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)

Abstract

ANTI MUKHOYAROH, Penanaman Kecerdasan Emosi Pada Anak Usia Dini. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014 di TK Widya Mulia Desa Sukoharjo Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman Yogyakarta Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pendidik dalam menanamkan kecerdasan emosi pada anak usia dini di TK Widya Mulia Sukoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta, hasil yang dicapai pendidik dalam menumbuhkan kecerdasan emosi serta faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan kecerdasan emosi pada anak usia dini. Hasil penelitian ini diharapkan memperkaya khasanah ilmu pengetahuan khususnya yang menyangkut kecerdasan emosi dan diharapkan dapat memberikan motivasi bagi pendidik untuk menanamkan kecerdasan emosi pada anak usia dini di TK Widya Mulia Sukoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di TK Widya Mulia Sukoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data yang berhasil dikumpulkan, dan dari analisa data itulah kemudian ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Cara pendidik dalam menanamkan kecerdasan emosi pada anak usia dini adalah: (a) kesadaran diri,yaitu cara yang dilakukan guru untuk mengembangkan kesadaran diri anak dengan melatih pembiasaan-pembiasaan yang positif, (b) Pengaturan diri, yaitu dengan memberikan pengertian sebab akibat pada siswa dengan memberikan contoh-contoh sederhana yang mudah dipahami anak. (c) Motivasi, yaitu agar anak mempunyai rasa percaya diri, keberanian dan semangat. (d) Empati, yaitu dengan mengajarkan pada anak untuk memiliki sifat empati, agar memiliki rasa saling menyayangi antar sesama. (e) ketrampilan sosial, yaitu dengan menjaga tingkah lakunya agar tidak menyakiti orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Radino ,M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Nov 2014 10:05
Last Modified: 02 Aug 2017 13:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14722

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum