ANALISIS FUNDAMENTAL DAN RESIKO SISTEMATIK TERHADAP HARGA SAHAM PERBANKAN DENGAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM)

HAROIS MAWATI , NIM. 10610015 (2014) ANALISIS FUNDAMENTAL DAN RESIKO SISTEMATIK TERHADAP HARGA SAHAM PERBANKAN DENGAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( ANALISIS FUNDAMENTAL DAN RESIKO SISTEMATIK TERHADAP HARGA SAHAM PERBANKAN DENGAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) )
10610015_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( ANALISIS FUNDAMENTAL DAN RESIKO SISTEMATIK TERHADAP HARGA SAHAM PERBANKAN DENGAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) )
10610015_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Investasi merupakan salah satu cara untuk memperoleh penghasilan dan tentunya seseorang tidak mau mengalami kerugian, sehingga sebelum melakukan investasi terlebih dahulu melakukan penilaian-penilaian terhadap perusahaan yang akan dijadikan tempat berinvestasi. Beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya sistem makro dan mikro perusahaan. Dalam penelitian ini menggunakan sistem mikronya dengan analisis fundamental dan sistem makronya adalah analisis resiko sistematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aspek fundamental perusahaan dan resiko sistematik yang ada di pasar terhadap harga saham perbankan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dan program yang digunakan adalah LISREL. Adapun faktor-faktor yang digunakan untuk sistem mikro adalah Return On assets (ROA), Return On Equity (ROE), Debt to Equity Ratio (DER), Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), sedangkan untuk sistem makro adalah beta saham. Dimana ROA, ROE dan EPS mempengaruhi DER sedangkan ROA dan EPS mempengaruhi PER dan untuk harga saham sendiri dipengaruhi oleh PER, DER dan beta saham. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ROA, ROE dan EPS berpengaruh secara signifikan terhadap DER sebesar 72%, ROA dan EPS berpengaruh secara signifikan terhadap PER sebesar 33% sedangkan DER, PER dan beta saham berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham sebesar 25%. Hasil model tersebut telah cocok digunakan dalam penelitian terhadap saham perbankan karena telah memenuhi kriteria goodness of fit, yaitu dengan chi-square 10,23, p-value 0,11 > 0,05, CFI 0,92 > 0,90, IFI 0,94 > 0,90 dan GFI 0,96 > 0,90.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Mohammad Farhan Qudratullah S.Si, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Analisis Fundamental, Resiko Sistemati
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Dec 2014 10:52
Last Modified: 14 Jan 2016 14:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14725

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum