PENGEMBANGAN CD ANIMASI PENANGANAN KEADAAN DARURAT (PKD) DI LABORATORIUM KIMIA UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA

LATIFAH HAIFANI , NIM. 09670019 (2014) PENGEMBANGAN CD ANIMASI PENANGANAN KEADAAN DARURAT (PKD) DI LABORATORIUM KIMIA UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGEMBANGAN CD ANIMASI PENANGANAN KEADAAN DARURAT (PKD) DI LABORATORIUM KIMIA UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA )
09670019_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text ( PENGEMBANGAN CD ANIMASI PENANGANAN KEADAAN DARURAT (PKD) DI LABORATORIUM KIMIA UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA )
09670019_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran Penanganan Keadaan Darurat (PKD) di laboratorium kimia untuk peserta didik SMA dalam bentuk CD animasi. Tujuan dari penelitian pengembangan yang dilakukan yaitu untuk menghasilkan produk tersebut. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas produk tersebut berdasarkan penilaian lima orang pendidik kimia SMA/MA. Penelitian ini merupakan research and development (R&D). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Borg and Gall dengan tahapan: 1) Penelitian dan pengumpulan informasi awal; 2) Perencanaan; 3) Pengembangan format produk awal; 4) Uji coba awal; dan 5) Revisi produk. CD animasi ini divalidasi oleh dosen pembimbing, ahli media, ahli materi, dan tiga orang peer reviewer. Subjek penilai kelayakan CD animasi ini meliputi lima orang pendidik kimia SMA/MA dan sepuluh orang peserta didik SMA/MA. Instrumen yang digunakan berupa daftar cek (check list). Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, data yang diperoleh berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis untuk menentukan kelayakan CD animasi. Penelitian ini menghasilkan CD animasi Penanganan Keadaaan Darurat (PKD) dengan karakteristik tertentu. CD animasi yang dikembangkan menurut penilaian lima pendidik kimia SMA/MA di Yogyakarta memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 91,2%, sedangkan respon sepuluh peserta didik SMA/MA memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 90,71%. Berdasarkan hasil penilaian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa CD animasi ini layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri untuk peserta didik SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Karmanto, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: CD animasi, penelitian pengembangan, Penanganan Keadaan Darurat (PKD).
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Dec 2014 13:30
Last Modified: 23 Feb 2016 10:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14750

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum