PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM IPA TERPADU TEMA INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN BERBASIS CLOCK REACTION UNTUK SMP/MTs

EKA MULIA SARI , NIM. 10680005 (2014) PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM IPA TERPADU TEMA INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN BERBASIS CLOCK REACTION UNTUK SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM IPA TERPADU TEMA INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN BERBASIS CLOCK REACTION UNTUK SMP/MTs)
10680005_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM IPA TERPADU TEMA INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN BERBASIS CLOCK REACTION UNTUK SMP/MTs)
10680005_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan buku petunjuk praktikum Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) terpadu tema interaksi makhluk hidup dengan lingkungan berbasis clock reaction untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) kelas VII semester II dan mengetahui kualitas buku petunjuk praktikum IPA terpadu tema interaksi makhluk hidup dengan lingkungan berbasis clock reaction untuk SMP/MTs sebagai bahan ajar IPA Terpadu kelas VII semester II. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen penelitian berupa lembar wawancara, observasi dan angket penilaian kualitas dalam bentuk checklist menggunakan skala likert. Penilaian dilakukan oleh tiga orang ahli materi, satu orang ahli media, dan enam orang guru IPA SMP/MTs. Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang diubah kuantitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui kualitas produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas buku petunjuk praktikum yang dikembangkan masuk dalam kategori sangat baik (SB) menurut ahli media, ahli materi, dan guru IPA SMP/MTs dengan persentase keidealan masing-masing sebesar 86,2 %; 84,2%;94,8%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buku petunjuk praktikum IPA terpadu tema interaksi makhluk hidup dengan lingkungan berbasis clock reaction dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar untuk siswa kelas VII semester II SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dias Idha Pramesti, S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Buku Petunjuk Praktikum, IPA Terpadu, Clock Reaction.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Dec 2014 13:36
Last Modified: 04 Mar 2016 15:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14751

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum